Bluder Cake


Bluder cake ini sudah lama masuk dalam list yang ingin saya buat. Kepengen buat pun gara-gara liat postingan mba Marisa Tamara ketika beliau membuat bluder cake sebelum lahiran. Sebenarnya isiannya bisa apa saja. Nah.. saya menggunakan isian sukade saja. Udah lama ga makan sukade soalnya.

Saya buatnya tadi pagi. Mulai buat jam 6.30. Aktivitas dimulai dengan hidupkan oven, timbang bahan, kocok adonan, masukan adonan ke loyang, terusssss lho.. lho.. kok di resep ada tulisan adonan didiamkan selama 45 menit. Haduh.. yang ini lupa kebaca. Gimana ini .. gimana ini .. Akhirnya oven dimatikan dan aktivitas lain pun dimulai sambil terus-terusan berpikir bahwa harusnya cake dibuat lebih awal. Makanya kalau baca resep itu mesti bener-bener baca, jangan cuma baca sekilas aja seperti yang saya lakukan tadi. Alhasil karena harus “menunggu”, cake pun baru selesai dioven jam 9. Kesiangan ke toko jadinya.

Saya gunakan resep dari Sedap Sekejab. Bluder cake ini masuk ke dalam kategori butter cake. Tapi yang seru itu ada sensasi ragi yang membuatnya berbeda. Kalo dipikir-pikir bluder cake agak mirip dengan cake tape. Tapi kalo cake tape rasa tapenya bener-bener kuat. Nah.. bluder cake ini tipe ringannya cake tape.


Bahan Biang:
1/2 sendok makan ragi instan
1 sendok teh gula pasir
100 ml air hangat

Bahan:
200 gram margarin
150 gram gula pasir halus
1/4 sendok teh esens vanili
4 butir telur
300 gram tepung terigu protein sedang
20 gram susu bubuk
1 sendok teh baking powder
150 gram fruit mix (ceri merah, ceri hijau, dan kismis), dipotong kotak

Cara Membuat:
- Biang: larutkan ragi instan, gula pasir, dan air hangat. Diamkan 10 menit sampai berbusa.
- Kocok margarin, gula pasir halus, dan esens vanili sampai lembut.
- Masukkan telur satu per satu bergantian dengan sebagian tepung terigu sambil diayak dan dikocok perlahan.
- Tambahkan sisa tepung terigu, susu bubuk, dan baking powder sambil diayak dan dikocok perlahan bergantian dengan biang. Masukkan fruit mix. Aduk rata.
- Tuang di loyang tulban diameter 22 cm yang dioles margarin. Diamkan 45 menit sampai mengembang. Oven dengan suhu 180 derajat Celsius sampai matang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar