Donat Kentang Empuk


Setelah sekian lama jadi anggota Bakul Kue Rumahan (BKR) baru kali ini saya ikutan event Berani Membuat Sendiri (BMS). Ini sebenarnya sudah BMS#3. BMS#2 kemaren membuat cake marble jadul resepnya pak sahak. BMS#1 membuat bolu kukus. Yang BMS#1 dan BMS#2 saya ga ikutan berpartisipasi. Nah.. baru kali ini lah saya ikutan berpartisipasi.

Saya bikin cuma 1/2 resep saja. Tiap adonan saya timbang 50 gram kemudian dibulatkan di ring bulat besar. Untuk kali ini saya sengaja bikin donat tanpa bolongan, biar lebih mudah aja gorengnya. Saya rasa saya ini ga berbakat untuk bikin donat, roti, bakpau, atau apapun yang diuleni. Saya ga sanggup dan ga sabar nguleni adonan sampai kalis, nguleni juga harus pake tangan, mixer saya yang jadul ga sanggup untuk dipaksa kerja rodi membuat donat dan roti-rotian, kalau pun mixer dipaksakan bisa-bisa mixernya koma dan masuk rumah sakit. Jadi selama ini memang seringnya kalau donat, roti, bakpau kami beli karena lebih praktis daripada saya harus buat. Mungkin nanti kalau sudah sanggup beli mixer yang kuat untuk nguleni, saya akan lebih semangat lagi untuk membuatnya.

Cerita mengenai pembuatan donat ini saya mulai ngulen abis magrib, diprofing, malam udah bisa goreng. Nah.. ternyata ayah kirana dan kirana menjadikan donat ini sebagai makan malam mereka. Ditopingi macam-macam sama mereka sendiri. Ada yang pake susu kental manis, selai coklat, selai jeruk, keju, pokoknya suka-suka mereka lah. Nah.. saya bilang ke ayah kirana, saya minta sisain beberapa soalnya saya buat kan ga banyak cuma 1/2 resep dan donat itu harus saya hias besok paginya untuk difoto (kalau saya hanya bisa foto pada pagi atau siang hari saja). Dan... tadi pagi beneran cuma disisain 2 buah donat sama ayahnya kirana. Dan kedua donat itulah yang akhirnya saya hias seadanya dan saya foto. Saat sedang foto pun kirana udah sibuk ngeliatin donatnya. Jadi maaf kalau memang cuma 2 buah aja yang bisa difoto.

Resep saya gunakan dari resepnya mba Nina Naura Cakes

Bahan A :
500 gr tepung protein tinggi / sedang
75 gr gula halus
250 gr kentang kukus, haluskan

Bahan B :
11 gr ragi instant
150 ml air hangat
1 sdt gula pasir
* Ragi dan gula di larutkan dengan air hangat hingga mengembang

Bahan C :
2 kuning telur
75 gr margarin
Garam secukup nya

Cara Membuat :
- Masukkan bahan A ke dalam wadah, aduk dengan tangan hingga tercampur
- Masukkan bahan B, uleni sebentar hingga rata
- Masukkan bahan C, uleni hingga lembut dan kalis
- Diamkan adonan ± 30 menit hingga mengembang
- Kempiskan adonan
- Timbang adonan sesuai selera
- Bulat-bulat kan adonan dan diamkan lagi hingga mengembang ± 10-15 menit
- Bentuk adonan, lubangi tengah nya dan goreng.

Tips :
- Goreng donat satu persatu dalam minyak banyak dengan cara di putar2 tengah nya & menggunakan api kecil.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar