Banana Pudding


Adakah yang masih ingat Majalah Sarinah? Nah.. majalah tersebut kan sudah lama sekali tidak wara wiri di jagat indonesia. Dari hasil semedi saya dengan mbah Google, menurut http://sarinahmagazine.blogspot.com/ rupanya Majalah Sarinah terakhir kali diterbitkan pada tahun 1987. Hmm cukup lama juga ya. Ketika tahun 2008 ada juga diterbitkan Majalah Sarinah New Born tapi sepertinya hanya beberapa edisi saja yang terbit karena isinya kurang menarik untuk golongan majalah wanita.

Saya teringat dengan majalah sarinah ketika bongkar-bongkar lemari Alm. ibu saya yang ada di toko. Saya menemukan beberapa booklet resep tertumpuk diantara selipan kertas bon, nota, dan kertas-kertas lain. Nah.. beberapa booklet tersebut ternyata dicetak oleh majalah sarinah, di kata pengantar booklet yang saya baca ada kata-kata Dapur Sarinah. Entah pada tahun berapa booklet tersebut dicetak. Tidak ada keterangan tahun cetaknya. Yang pasti cukup lama booklet tersebut sudah berada disitu.

Saya ambil resep dari booklet Dapur Sarinah edisi Aneka Resep Dari Pisang. Resep di bawah ini adalah full 1 resep. Saya hanya buat 1/2 resep. 1/2 resep bisa dapat 2 mangkuk seperti gambar di bawah. Cara membuatnya saja yang saya jelaskan dengan lebih rinci daripada resep aslinya. Tapi ini tidak mengubah urutan cara mebuat, rasa yang dihasilkan maupun bahan yang digunakan. Secara kasat mata memang mirip dengan bread pudding. Yang membedakan, banana pudding ini menggunakan pisang dan gulanya dikaramel dulu sehingga ada karamel yang amat sangat saya suka. Banana pudding juga dikukus, sedangkan bread pudding harus dipanggang. Saya cukup takjub bahwa untuk resep sejadul itu, bisa didapatkan rasa yang seenak itu.


Bahan:
5 iris roti tawar
6 buah pisang raja, diiris tipis
4 butir telur
2 gelas susu cair (400 ml)
1/2 sdt vanila
Sedikit garam
100 gram gula pasir
100 gram kismis
100 cc air

Cara Membuat:
- Gula dijadikan karamel dengan cara dimasak di atas api kecil. Ketika semua gula sudah gosong, lalu ditambah air, aduk rata, dan biarkan sampai lumer.
- Telur, garam, dan vanila dikocok lepas, tambahkan susu cair dan gula karamel. Aduk rata.
- Buang kulit roti, potong menjadi 9 bagian. Tata roti tawar di bagian dasar mangkuk, kemudian susun potongan pisang di atasnya dan taburkan dengan kismis.
- Siram campuran susu dan telur ke dalam mangkuk kemudan kukus hingga matang (sekitar 20 menit).
- Lebih nikmat ketika disajikan dalam keadaan dingin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar