Bitterbalen Nasi


Cemilan ini saya buat kemaren pagi. Niatnya udah lama semenjak Mba Nina Agustina posting bitterbalen nasinya di blog. Tapi baru kemaren sempet saya buat. Sudah lama sekali kami ga makan bitterbalen. Dulu pernah bikin bitterbalen versi asli yang pake keju dan susu, tapi ga terlalu ngerti di lidah saya. Nah.. ketika kali ini bikin bitterbalen nasi, alhamdulilah ga terlalu kaget dengan rasanya. Mungkin juga karena tanpa susu dan keju di dalamnya. Teksturnya masih seperti bitterbalen yang dulu pernah saya buat. Ketika masih dalam keadaan hangat, luarnya garing, dan ketika digigit langsung lembut.

Kirana suka dengan bitterbalen nasinya. Ayah kirana ketika ditanyain ngerti apa ga makan bitterbalen, ayah bilang ngerti (doyan sebenarnya), saya juga sudah mulai bisa menerima tektur bitterbalen yang lembut. Ketika datang ke rumah om, saya tawari bitterbalen nasinya ke sepupu saya kak linda, kak linda juga ngerti. Nah ketika saya tawari ke tante saya, tante ango, ternyata tante ango ango bilang rasanya aneh.

Satu resep ini jadinya lumayan banyak. Seingat saya sekitar 30-40 buah bulatan bitterbalen seukuran 20 gram untuk tiap bulatan. Kami di rumah sampai dibagi untuk dua kali makan. Kemaren pagi dan tadi pagi saya goreng lagi bitterbalen yang sebelumnya saya bekuin di freezer.


Resep saya modifikasi dari bitterbalen nasinya mba Nina Agustina.

Bahan:
300 gram nasi putih
1 butir bawang bombay, cincang halus
2 siung bawang putih, cincang halus
2 sdm munjung tepung terigu serbaguna
200 ml air kaldu (saya gunakan 200 ml air matang dan 10 gram kaldu ayam non msg)
1/2 batang wortel, potong dadu, kukus
jagung manis dipipil secukupnya, kukus
5 buah buncis, potong dadu, kukus
1 buah sosis, potong dadu
5 buah bakso ayam, potong dadu
1/2 sdt merica bubuk

Bahan pelapis:
2 butir telur, kocok lepas
tepung panir secukupnya

Cara Membuat:
- Tumis bawang bombay dan bawang putih hingga harum. Tambahkan terigu, aduk hingga berbulir-bulir.
- Tuang air sedikit demi sedikit, aduk sampai licin, tambahi merica, aduk rata.
- Masukan wortel, jagung, buncis, sosis, bakso, dan nasi. Aduk rata hingga menggumpal. Matikan api.
- Setelah hangat, kepal kepal hingga berbentuk bulat. Lapis dengan telur dan gulingkan di tepung panir.
- Diamkan di dalam kulkas hingga panir menempel.
- Goreng dalam minyak panas hingga keemasan. Angkat dan tiriskan.

Catatan: Jika mau dibekukan, susun bitterbalen di dalam wadah tertutup, apabila banyak, tiap lapisan harap diberi plastik supaya gampang mengeluarkan bitterbalen bekunya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar