Kuih Bahulu


Kali ini saya namakan kuih bahulu karena menggunakan resep dari teman foodblooger malaysia. Di malaysia kue ini dinamakan kuih bahulu. Kalo di pontianak, kita bilangnya kue bolu, ada juga yang bilang bolu kering. Kalo menurut wikipedia melayu, kuih bahulu saya ini namanya kuih bahulu cermai, mungkin mirip cermai (padahal cermai kan bulet ya), kalo saya sering bilang kue bolu manggis.

Serumahan doyan makan kue bolu ini, kue yang biasa dijadikan cemilan di rumah. Tinggal dimasukan ke wadah kedap udara maka bisa disimpan lama juga, saya belum pernah melakukan penelitian berapa lama kue bolu bisa tahan. Mungkin dua mingguan atau sebulanan bisa tahan (mungkin ya), soalnya kalo di rumah kue bolunya ga bisa tahan lama (langsung ludes maksudnya, jadi ya memang ga bisa tahan lama).


Resep kali ini saya coba dari Cik Manggis

Bahan:
8 butir telur ukuran besar
425 gram gula pasir
365 gram tepung terigu, sangrai kemudian ayak
1 sdt ovalette
vanila secukupnya

Cara Membuat:
- Panaskan oven 180 derajat C. Masukan cetakan bolu tanpa adonan ke dalam oven, biarkan
panas.
- Kocok telur, gula pasir, ovalette, dan vanila hingga kental.
- Masukkan tepung sedikit demi sedikit, kocok dengan kecepatan rendah hingga tercampur rata.
- Masukkan adunan ke dalam piping bag.
- Keluarkan cetakan bolu dari dalam oven, oles dengan mentega.
- Semprotkan adonan ke dalam cetakan bolu sampai penuh dan panggang di dalam oven hingga matang.
- Setelah matang, dinginkan kue, kemudian simpan di dalam wadah kedap udara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar