Ji Dan Gao


Ji Dan Gao nama lainnya yang sederhana adalah kuih bahulu ato kue bolu ato bolu kering ato nyonya mini sponge cake atao nama-nama lainnya. Saya gunakan nama Ji Dan Gao karena saya kali ini menggunakan resepnya kak sonia - nasi lemak lover. Nah.. kak sonia menggunakan nama Ji Dan Gao untuk kuih bahulunya. Kalau saya cari referensi lewat google, Ji Dan Gao ini merupakan egg cake. Nah egg cake ini menurut saya (karena saya tidak bisa berbahasa mandarin untuk mentrasletenya) mirip dengan bolu kukus yang berukuran besar, coba deh teman-teman googling, kalo di pontianak biasanya bolu kukus sebesar itu digunakan untuk acara sembayang kubur. Kesimpulan saya atas penggunaan nama Ji Dan Gao, kuih bahulu juga merupakan egg cake baked version, gitu...
Ji Dan Gao ini saya buat sebagai penghilang lapar suami saya kalau malam hari. Biasanya kalo malam suami sambil main game terus lapar tapi males makan berat, nah.. dicarilah apa-apa yang bisa dimakan. Karena bikin cake ga bisa tiap hari, jadi saya buat kuih bahulu ini sebagai cemilan pengganjal perut bagi suami. Buatnya pun gampang dan bisa sambilan terus juga bisa disimpan lama di wadah kedap udara, maka kuih bahulu lumayan sering saya buat, tiap kali buat pun doyannya nyobain resep yang berbeda.


Bahan:
5 butir telur ukuran besar
150 gram gula pasir
1/8 sdt garam
170 gram tepung terigu protein sedang
3 sdm soda atau minuman soda

Margarin untuk olesan

Cara Membuat
- Panaskan oven dengan suhu 180 C.
- Taruh gula dalam mangkuk yang terbuat dari besi, taruh di oven selama kurang lebih 2 menit atau sampai gula panas.
- Kocok telur dan garam dalam kecepatan tinggi sekitar 2 menit, turunkan kecepatan mixer, tambahkan gula panas sambil terus dikocok hingga kental dan pucat sekitar 20 menit (tergantung jenis mixer). Gunakan kecepatan mixer paliung rendah, kocok lagi sekitar 3 menit.
- Taruh tepung dalam mangkuk besi, oven selama 1 menit, aduk tepung dengan sendok, kemudian panggang kembali selama 1 menit. Dinginkan, kemudian ayak tepung.
- Oleskan margarin ke cetakan bolu, masukan cetakan ke dalam oven dan atur ke 200 C.
- Tambahkan minuman bersoda dan tepung ke adonan telur telur, kocok dengan kecepatan rendah hingga tercampur rata.
- Keluarkan cetakan bolu dari oven, masukan adonan ke dalam cetakan. Panggang selama hingga berwarna cokelat keemasan (sekitar 14 menit, tergantung oven).
- Keluarkan cetakan dari oven, gunakan tusuk gigi atau tusuk sate atau tusuk kue dan angkat keluar. Dinginkan kue di rak kawat atau keranjang bambu. Simpan dalam wadah kedap udara setelah didinginkan.
- Oles cetakan bolu lagi sebelum digunakan, panaskan ke dalam oven sekitar 2 menit. Ambil cetakan dari oven, masukan adonan lalu panggang sampai semua adonan habis.

Catatan: untuk mendapatkan sensasi renyah bolu, masukan bolu ke dalam loyang kue kering, oven kembali dengan suhu 180 C sekitar 5 menit. Dinginkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar