Cake Pops

Ini cake pops pertama saya. Sebelumnya engga pernah liat juga dengan si cake pops ini (katrok ya). Selama ini palingan cuma dibuat bola-bola coklat aja. Ketika dapet pr si cake pops dan nyari di google, uihhhh unyu unyu ya…

Akhirnya dicobalah membuat cake pops pohon yang tak tampak seperti pohon. Diberi coklat dan hijaunya didapat dari coklat rasa apel kemudian ditambah jelly yang sudah dipotong. Ternyata jellynya ga bisa dipotong lebih kecil lagi, ngelengket. Akhirnya cuma dipotong ya seadanya. Padahal kalo dipotong lebih kecil pasti cake popsnya lucu. Mirip buah di pohon. Kata suami cake pops saya malah mirip robot pohon. huhuhu....


 


Resep basenya dimodifikasi dari bolu pandan wijen hitamnya detikfood.

Bahan:
5 butir telur ayam
125 g gula pasir
2 sdm mentega, lelehkan
1 sdt pasta vanilla susu

Ayak jadi satu:
125 g tepung terigu
½ sdt vanili

Cara membuat:
- Kocok telur dan gula pasir hingga kental. Setelah kental tambahkan pasta vanilla susu.
- Tambahkan mentega leleh berselingan dengan campuran terigu sambil aduk rata.
- Tuang adonan ke dalam loyang yang sudah dialasi kertas roti.
- Panggang dalam oven panas 180 C selama 30 menit hingga mengembang dan permukaannya kering.
- Angkat. Dinginkan

Cara membuat cake pops:
- Hancurkan cake menggunakan food processor
- Kemudian beri tambahan frosting, bisa selai, buttercream, coklat cair, dll. Saya sendiri pake susu kental manis secukupnya (dikira-kira saja) hingga adonan bisa dipulung.
- Ambil segenggam adonan yang sudah diberi frosting, bentuk dengan menggunakan cookies cutter. Cetak hingga adonan habis.
- Stik lolypop dicelupkan ke dalam coklat leleh, kemudian tancapkan ke adonan cake. Kemudian letakan dalam posisi cake di bawah dan stik yang bersih di atas. Tunggu sebentar hingga coklatnya mengeras. Kalau mau cepat bisa dimasukan ke freezer.
- Nah.. adonan cake bisa dihias dengan coklat leleh sesuai selera.
- Setelah dihias tancapkan stik loli ke styrofoam hingga membeku (bisa dimasukan ke dalam freezer juga biar cepet).
- Cake pops siap dihidangkan. Bisa disajikan di dalam gelas.

Catatan:
Karena saya bentuk pohon, saya celupkan dulu adonan cake ke dalam coklat hitam untuk buat kulit pohonnya. Baru diberi stik yang sudah dicelup coklat cair. Bekukan. Setelah beku baru lanjutkan proses pencelupan coklat hijaunya, bekukan. Ketika setengah beku, temple jeli warna-warninya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar