Melon Pan Wijen Hitam

Maaf ya host, telat sehari ngumpulin pr-nya. Kemaren lupa kalo tanggal 11 dan tanggal ngumpulin pr. Foto juga masih di kamera, kamera ada di rumah. Malam mo uplod internetnya lemot. Alhasil baru pagi ini saya setor. Maaf sudah 2 kali telat ngumpulinnya.

Sebenarnya saya buat kuenya kira-kira seminggu yang lalu. Tapi karena gagal (pecah maksudnya), saya bermaksud untuk membuat lagi di hari yang lain, tapi apa daya sampai jadwal ngumpulin pr, saya masih belum sempat untuk merevisi melon pan saya. Alhasil melon pan yang tak cantik inilah saya setorkan sebagai pr kali ini, untung juga pada saat itu sempat saya foto. Mudah-mudahan host berkenan.

Saya masih penasaran kenapa masih pecah bagian cookiesnya, padahal sudah mengikuti tata caranya. Mungkin saya terlalu semangat ya ngukir cookiesnya. Di angan-angan saya melon pan dengan tambahan wijen hitam pasti cantik. Tapiiiii apa yang terjadi..... hohoho...

Oh ya, sebenarnya saya ga pernah tahu melon pan itu yang seperti apa. Walau di kota saya ada beberapa toko roti besar, tapi ga ada yang jual si melon pan ini. Baru kemaren lah saya benar-benar lihat parade melon pan. Melon pan teman-teman LBT cantik-cantik ya...

Saya pake resep yang saya dapat dari Mba Nina Yatomi. Asli resep dari jepang lo. Yang salah sebenarnya saya, bukan resepnya. Banyak yang pake resep ini tapi berhasil. Jadi kalo ada yang mau coba dipersilakan.


Bahan Roti:
400 g tepung terigu protein tinggi
8 gr ragi
20 gr gula pasir
6 gr garam
20 gr susu bubuk
10 gr salted butter (margarin)
60 gr telur (1 butir telur ukuran besar)
208 gr air / susu cair

Bahan Cookie:
300 g tepung terigu (saya pake protein sedang)
3 g baking powder
140 g butter salt
130 g gula halus
60 g telur (1 buah telur ukuran besar)

Bahan Isi:
Keju, gula pasir dan susu bubuk sesukanya (saya ga pake takaran) diaduk jadi satu

Cara membuat:

Untuk pertama buat cookie terlebih dahulu.
- Campur butter dan gula halus aduk hingga tercampur rata (dengan whisker, masukkan gula secara bertahap).
- Masukkan bahan lainnya dan campur hingga merata (Campur telur secara bertahap, jangan langsung karena butter akan pecah).
- Masukkan tepung secara bertahap, aduk dengan spatula.
- Letakkan adonan diatas plastik wrap, bentuk memanjang, bungkus dan simpan di dalam kulkas)
- Bagi menjadi 8 bagian (kalo saya bagi jadi 10 bagian, tiap bagian ditimbang 62 gram)
- Bentuk bulatan kemudian masukkan ke dalam lemari pendingin supaya mudah dipulung.

Membuat roti:
- Campur ragi instant dan air/susu cair sampai rata, sisihkan.
- Terigu, gula halus, susu, garam dan telur dicampur menjadi satu.
- Tambahkan campuran ragi dan aduk kembali hingga rata.
- Tambahkan butter dan aduk adonan kembali hingga kalis dan bentuk bulatan besar.
- Taruh adonan roti dalam wadah besar dan tutup dengan plastik wrap. Diamkan selama 10-15 menit atau hingga mengembang.
- Kempiskan adonan, bentuk lonjong, dan potong menjadi 8 bagian (saya bagi menjadi 10 bagian, tiap bagian ditimbang 65 gram)
- Bentuk bulat pada masing-masing adonan roti. Beri isi. Lakukan sampai habis.

Penyelesaian:
- Ambil 1 bulatan adonan cookie dan pipihkan dengan rolling pin.
- Taruh adonan roti diatas cookie yang sudah dipipihkan dan bungkus rapi. Lakukan sampai adonan habis.
- Bentuk keratin pada adonan roti yang sudah dilapisi cookie.
- Diamkan selama 25 - 30 menit.
- Panggang melonpan dlm oven pd suhu 160 derajat celcius selama 25-30 menit (tergantung oven)
- Keluarkan dan sajikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar