Lapis Susu



Lapis yang buat saya belajar sangat sabar. Butuh kesabaran ekstra. Karena pake putih telur, makanya ngelapisnya lama. Butuh empat jam sampai adonan habis. Tekstur lapisnya agak kenyal karena pake terigu dan putih telur. Lapis ini pun kurang bisa tahan lama seperti lapis legit biasa. Jadi ga boleh terlalu sering keluar dari kulkas.

Bahan A:
10 kuning telur
150 gram gula bubuk
100 gram terigu
100 gram mentega

Bahan B:
10 putih telur
150 gram gula bubuk
100 gram terigu
1 kaleng susu kental manis

Cara membuat:
1. Untuk bahan A, kocok mentega hingga putih, cuci miksernya hingga bersih atau gunakan mikser yang lain kemudian kocok kuning telur dan gula bubuk hingga kembang. Setelah kembang masukan mentega yang sudah dikocok, kocok lagi dengan mikser kecepatan rendah hingga tercampur rata. Masukan terigu, aduk rata dengan spatula.
2. Untuk bahan B, kocok putih telur hingga kembang dan putih, masukan gula bubuk sedikit demi sedikit sambil terus dikocok. Masukan susu kental manis dan terigu, aduk rata dengan spatula.
3. Mulai pelapisan, perbandingannya adalah 2 bagian bahan B dan 1 bagian bahan A. Lapisan yang pertama kali dimulai dari 1 bagian bahan A tunggu hingga permukaan agak kering, tekan bagian atasnya dengan penekan lapis hintunggu hingga permukaan agak kering, tekan bagian atasnya dengan penekan lapis hingga rata tunggu hingga lapisannya coklatgga rata tunggu hingga lapisannya coklat, 2 bagian bahan B tunggu hingga permukaan agak kering, tekan bagian atasnya dengan penekan lapis hingga rata tunggu hingga lapisannya coklat, kemudian 1 bagian bahan A lagi, dan begitu seterusnya hingga adonan habis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar