Blueberry Crumbs Brownies


Kue andalan pas lebaran kemaren. Brownies yang mirip black forest karena teksturnya mirip cake. Banyak yang ngira crumbsnya itu keju.

Resep didapat dari Ricke 'Bunda Nadhifa' Indriani

Bahan:
100 gram terigu protein sedang
20 gram coklat bubuk (unsweetened cocoa powder)
1/2 sdt baking powder
1/2 sdt vanilli bubuk
200 gram dark cooking chocolate, potong-potong
200 gram butter/margarine
1/4 sdt garam halus
3 butir telur
150 gram gula pasir
1 sdt emulsifier
Blueberry paletta secukupnya (jika ada fresh blueberry/blueberry kalengan bisa dipakai) --> saya pake bluberi botolan yang buat toping

Crumbs:
50 gram terigu protein rendah --> saya pake sedang
2 sdm munjung gula halus
1 sdm munjung butter/margarine
 
Cara membuat:
1. Crumbs: Campur semua bahan jadi satu, remas2 dg tangan sampai rata. Aduk dengan garpu sampai membentuk butiran kasar. Sisihkan. --> saya ga remes pake tangan tapi langsung pake garpu aja, klo pake tangan, jadinya adonannya nyatu ga membentuk butiran pasir.
2. Campur dan ayak terigu, coklat bubuk dan vanilli bubuk. Sisihkan.
3. Lelehkan butter/margarine dg api kecil sampai margarine leleh smua. Matikan api. Masukkan dark cooking chocolate. Aduk sampai coklat meleleh dan tercampur rata dg butter/margarine. Masukkan garam. Aduk rata. Sisihkan dan biarkan menjadi dingin.
4. Kocok telur, gula pasir dan emulsifier sampai kental dan pucat. Masukkan campuran dark cooking chocolate leleh. Aduk rata.
5. Masukkan campuran terigu ke dalam adonan telur sedikit demi sedikit sambil diaduk perlahan sampai rata.
6. Tuang adonan ke loyang persegi ukuran 20x20x4 cm yg telah dioles margarine dan dialasi kertas roti. Ratakan permukaannya. Taburkan streuseul/crumbs. Panggang dalam oven dg suhu sekitar 180'C sampai matang (lakukan tes tusuk dg lidi bersih/tusuk gigi bersih, bila sudah tidak ada adonan menempel tandanya sudah matang). --> saya pake loyang yang tinggi 6 cm.
7. Angkat dan keluarkan dari oven. Biarkan dalam loyang selama kurang lebih 30 menit. Keluarkan dari loyang, hangat-hangat beri blueberry paletta di atasnya. Dinginkan. Potong-potong. Sajikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar