Sus Angsa Keju



Leher angsanya masih belum bagus. Malah mirip ular. Kepala angsanya juga ga ada. Pas lehernya dipasang, banyak yang patah lg. Tapi rasanya uenak buanget.. Bukan seperti fla yang biasa dipake untuk sus.

Resep didapat dari buku Penganan Gurih Favorit Anak oleh Doddy Pamudji terbitan Gramedia.

Bahan Adonan Sus:
400 cc air
250 gr mentega
250 gr tepung terigu
9 butir telur

Bahan Isi:
150 gr mentega
50 gr gula halus
250 cc krim kental
100 gr keju tua, parut
200 gr keju biasa, parut

Cara Membuat:
1. Adonan sus: Masak air hingga mendidih, masukan mentega, kecilkan apinya.
2. Masukkan tepung terigu secara bertahap sambil terus diaduk hingga tidak lengket dipermukaan panci, angkat. Diamkan selama 5-10 menit. Masukkan telur satu persatu sambil diaduk hingga tercampur rata.
3. Masukkan adonan ke dalam kantung plastik segitiga yang telah dipasang spuit di ujungnya, semprotkan adonan di atas loyang menjadi badan-badan angsa , semprotkan pula untuk leher dan kepalanya. Ulangi hal yang sama untuk semua adonan. Panggang dengan api sedang hingga matang keluarkan dari oven. --> selama dioven jangan diintip intip ya. nanti susnya jadi kempes.
4. Isi: kocok mentega dan gula hingga lembut, masukkan krim kental, kocok kembali hingga tercampur. Masukkan keju tua dan keju biasa, aduk hingga rata. Angkat.
5. Penyelesaian: Ambil sebuah badan angsa, buat irisan mendatar di sampingnya, isi dengan isian. Buat lobang kecil untuk memasukkan leher dan kepalanya.
6. Pasang leher dan beri mata dengan mengoleskan sedikit selai stoberi atau coklat yang dilelehkan. Ulangi hal yang sama hingga selesai --> saya ga keburu kasi mata. Baru selesai diisi aja udah dicomot sama anak dan suami. Untung-untungan masih bisa difoto.

Catatan: krim kental merupakan kepala susu yang mengandung lemak susu antara 30-40%. Krim ini akan mengental jika dikocok. Banyak dijual di pasar swalayan besar dengan nama ‘whipping cream’ dalam kemasan karton di bagian dairy product. Krim segar ini agak sulit digantikan dengan bahan lain karena rasanya yang sangat gurih, terutama jika perlu dikocok. Jika hanya dicampurkan dalam makanan atau sup bisa saja diganti dengan susu segar meskipun rasanya kurang gurih. Biasanya ada merk Elle Vire, Anchor, Rosselle, GreenField.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar