Stik Wijen Hitam



Kali ini rekues kuenya dari Bapak. Karena di rumah kerupuk sudah habis, ga ada lagi makanan asinan yang bisa dimakan-makan. Akhirnya buat stik ini keroyokan dengan suami. Awalnya pengen buat Batang Keju, tapi lagi ga ada sisa keju. Ya udah bongkar-bongkar resep warisan dari tante tercinta, akhirnya dapet juga resepnya.

Bahan:
250 gr tepung terigu
250 gr tepung sagu
40 gr margarin
1 bungkus kecil kaldu ayam / sapi (lupa berapa gramnya, saya pake royco, 6 gr kalo ga salah)
4 btr telur
50 - 100 ml santan kentan (jangan dimasukan sekaligus, tapi masukan sedikit-sedikit hingga adonan bisa seperti yang diinginkan, jangan terlalu lembek)
20 gr wijen hitam (di rumah wijen hitamnya ga sampai 20 gr, cuma pake sekitar 5 gram-an makanya ga terlalu kelihatan totolan wijen hitamnya.

Cara membuat:
1. Aduk tepung terigu, tepung sagu, kaldu bubuk, wijen hitam hingga rata.
2. Masukkan telur, margarin, dan santan sedikit demi sedikit sambil diuleni sampai rata.
3. Giling tipis dari no. 1 sampai dengan no. 5, potong adonan pada pemotong gilingan untuk cheestick. --> saya cuma pakai ampia yang nomor 1.
4. Panaskan minyak, goreng kue sampai berwarna kuning kecokelatan. Angkat, setelah dingin simpan dalam toples

Catatan: Hati-hati ketika menyimpan adonan yang sudah digiling. Dia bisa menyatu antara adonan yang satu dengan yang lain. Saya simpannya pake batang sumpit, jadi biarkan memanjang dan tergerai. Nah, pas mau digoreng tinggal dipotong saja adonan yang ada disumpit. Lalu adonan yang sudah ada di minyak panas diobok-obok supaya terpisah adonan antara yang satu dengan yang lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar