Puding Tahu Sutra



Hohoho seperti inilah orang yang tergesa-gesa ketika membuat sausnya. Pas buat saus coklat, lupa kalo kuning telurnya ga boleh dicampur dengan saus yang dalam keadaan mendidih, harusnya dalam keadaan panas, bukan mendidih. Hasilnya..... tara...... saus coklatnya berserabut dikarenakan kuning telornya mendidih..

Resep didapat dari buku Puding Busa dan Susu Pengarangnya Rinto Habsari Penerbitnya Gramedia

Bahan Puding:
1 bungkus agar-agar bubuk warna putih
150 gram gula pasir
1/8 sdt garam
600 ml susu kedelai siap pakai atau susu tawar kemasan --> saya pakai susu kedelai.
1 kotak (300 gr) tahu sutera, haluskan

Cara membuat puding:
- Taruh agar-agar bubuk, gula pasir, dan garam dalam panci. Tuangi susu sedikit-sedikit sambil aduk searah hingga rata. Jerangkan di atas api sedang sambil aduk-aduk hingga mendidih.
- Masukkan tahu sutera halus, aduk rata. Masak hingga matang dan harum. Angkat, tuangkan ke dalam cetakan yang sudah dibasahi air matang.
- Biarkan puding membeku. Simpan dalam lemari pendingin hingga waktu saji.

Bahan Saus Vla Coklat: --> saya buat setengah resep aja
1 sdm muncung tepung maizena
2 sdm muncung gula pasir
1 sdm muncung coklat bubuk
1/8 sdt garam
500 ml susu tawar kemasan
1 kuning telur

Cara membuat saus vla:
- Larutkan tepung maizena, gula pasir, dan garam dengan susu sedikit-sedikit hingga gula larut. Jerangkan di atas api sedang sambil aduk-aduk hingga matang.
- Kacau kuning telur hingga rata. Larutkan dengan sedikit larutan susu panas hingga rata (panas ya bukan mendidih, kalau mendidih hasilnya akan seperti saya). Tuangkan kembali larutan telur ke dalam larutan susu mendidih sedikit-sedikit sambil aduk terus hingga rata. didihkan sekali lagi, angkat, biarkan dingin, sajikan bersama puding.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar