Lumpia Kukus



Pengalaman pertama kenalan dengan kulit tahu. ketemu kulit yang lg diskon 50%. ternyata ngerendam tahu itu lama ya (baru tahu...) dan gampang pecah. akhirnya walau dipakein dua lapis kulit tahu, tetep aja telurnya ngerembes ke luar pas dikukus. hasilnya lumpianya ga padet karena telurnya ngerembes.

Resep didapat dari buku Penganan Gurih Favorit Anak oleh Doddy Pamudji terbitan Gramedia.

Bahan:

Kulit:
- 2 lembar kulit tahu lembaran, rendam air dingin, potong 13 X 20 cm --> saya rendam semalaman.

Isinya:
- 4 siung bawang putih, haluskan --> saya iris aja bawangnya
- 1 sdt merica bubuk
- 300 gram udang kupas, cincang kasar --> saya biarkan utuh supaya lebih terasa udangnya
- garam secukupnya
- 1/4 sdt gula pasir
- 1 putih telur, kocok lepas --> saya pakai telur utuh
- 2 sdm tepung maizena
- 2 batang daun seledri, iris halus --> saya pakai 4 batang daun seledri
- 2 batang daun bawang, iris halus --> saya ga pake
- 100 gram jamur kancing kaleng, cincang kasar --> ga punya, jadi saya ganti pake kol

Cara Membuat:
- Isi: campur semua bahan isi, aduk rata.
- Ambil selembar kulit tahu, beri 1/2 bahan isian di tengahnya. Gulung membentuk silinder. Lakukan hal serupa pada sisa bahan.
- Kukus selama 25 menit hingga matang
- Angkat, potong setebal 2 cm.
- Hidangkan panas dengan sambal botolan.

Catatan: saran dari yang sudah berpengalaman dengan kulit tahu, supaya menggulungnya enak dan padet, bisa dipakein serbet pada waktu menggulung dan mengukusnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar