Es Lidah Buaya



Lidah buaya sangat bagus buat kesehatan. Karena suami saya sedang kena radang usus, dan salah satu obat mujarab radang usus adalah lidah biaya. Kota saya, Pontianak merupakan salah satu kota penghasil lidah buaya. Harganya pun cukup murah cuma Rp.3000,- per kilogramnya. Jadi lidah buayanya saya buat minuman saja. Disini sering banget lidah buaya disajikan dalam bentuk minuman.

Bahan:
2 buah pelepah daun lidah buaya, kupas kulitnya, potong sesuai selera. Hati-hati dengan lendirnya / getahnya karena kalo kena baju, tidak bisa hilang.
6 lembar daun pandan

Sirup Gula:
150 gram gula pasir
1 liter air
2 lembar daun pandan
4 buah cengkeh (kalau suka)
1 buah jeruk nipis, ambil airnya (kalau suka)

Cara Membuat:
- Lidah buaya: rebus lidah buaya dengan air secukupnya (yang penting lidah buayanya terendam semua) hingga mendidih. Setelah mendidih, buang airnya. Rebus kembali dengan air yang baru dengan ditambah 3 buah daun pandan hingga mendidih. Setelah mendidih, buang airnya. Rebus kembali untuk ketiga kalinya dengan air yang baru dengan ditambah 3 buah daun pandan hingga mendidih dan tiriskan. Proses perebusan hingga tiga kali ini bertujuan untuk menghilangkan lendir / getah pada lidah buaya. Air rebusan lidah buaya akan berwarna kehijauan.
- Sirup gula: panaskan air, gula pasir, cengkeh, dan air jeruk nipis hingga mendidih dan larut, dinginkan.
- Penyajian: susun potongan lidah buaya dan es batu dalam gelas, tuang sirup gula. Sajikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar