Cheese Pastry



Pastry pertama yang dibuat dan pastrynya berlapis lapis. Dah lama pengen coba. Dah lama juga si korsvet ini dibeli tapi ga digauli juga. Di kota saya ga ada jual pastry yang siap pakai. Jadi kalo mau buat, harus dibuatlah si pastry ini. Akhirnya tadi malam jadilah si pastry ini.
Dibuat mirip dengan mini danishnya carefour. tengahnya dipakein keju terus digulung dengan kulit pastry gitu. Yang membedakannya, saya ga pake kuning telur untuk mempercantik penampilan di pastry. Saya lupa naroh kuas untuk kuning telur dimana. Jadi kuning telurnya ga jadi dikuasin ke pastrynya. Sempet kepikiran juga buat memberdayakan telunjuk sebagai pengganti kuas, tapi ga jadi karena mikir lagi kalo itu ga sopan.

Resep pastry pake resepnya bu Fatmah Bahalwan (saya buat cuma setengah resep aja jadinya banyak banget, sekitar 50 buah)

Bahan:
500 gram tepung terigu protein tinggi
1 sdt garam
50 gram mentega tawar
300 ml air es
400 gram korsvet

Cara membuat :
1. Campur semua bahan, kecuali korsvet, hingga menjadi butiran, lalu uleni hingga kalis.
2. Tipiskan adonan dengan cara menggilasnya, lalu bagi menjadi tiga bagian tanpa dipotong. (pada tahap ini adonan akan sedikit lembek ketika digiling, tapi lanjutkan saja)
3. Dua sisi pertama oleskan korsvet, lalu lipat kedua sisi ke tengah, sedemikian rupa sehingga letak korsvet berlapis selang-seling dengan adonan. Tipiskan lagi, bagi tiga lagi, lakukan hal yang sama hingga 6 sampai tujuh kali. (nah.. di tahap ini yang agak sulit mengoleskan korsvetnya karena adonan agak sedikit lembek. pelan-pelan aja.)
4. Setelah puff pastry siap, istirahatkan sebentar di lemari pendingin selama lk. 15 menit. Siap untuk dibentuk.

Penyelesaian:
- Dibutuhkan 100 gram keju, potong memanjang.
- Panaskan oven dengan api sedang.
- Adonan digilas tipis (sebenarnya ga boleh terlalu tipis dan ga boleh terlalu tebal) sedang-sedang aja kira-kira 0,3 cm ketebalannya.
- Adonan dipotong memanjang. Kemudian lilitkan di keju. Semir dengan kuning telur.
- Taruh di loyang yang sudah diolesi mentega, panggang hingga matang.

2 komentar:

  1. Asslmlkm. Mba bs bikin pastry utk zuppa soup gak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumsalam.
      Saya belum pernah bikin mba.

      Hapus