Bolu Sakura


Bolu sakura yang ga pake cetakan sakura. Saya ga punya cetakan sakura, di toko pun ga ada jual cetakan sakura. Jadi ya pake cetakan apa aja yang ada di rumah. Yang penting kan rasanya rasa bolu sakura. Warna pada bolu sakura saya ini saya rasa kurang coklat (harusnya coklat banget). Saya rasa, mungkin karena saya pake gula pasir impor kali ya jadi warnanya pun cenderung ga pekat.

Satu resep ini jadinya banyak sekali. Saya buat setengah resep aja. Karena saya pake cetakan yang lebih kecil dari cetakan sakura, hasil kuenya sebanyak 28 buah. Kalo dirasa kebanyakan, buat 1/4 resep juga boleh.

Resep didapat dari Mba Rina Rinso yang beliau dapat dari Majalah Femina 39/XXVIII Oktober 2000

Bahan :
500 gr gula pasir
500 ml air matang
220 ml telur ayam (4 butir telur ukuran sedang)
100 mentega lelehkan

Ayak :
450 gr terigu gluten sedang (misalnya segitiga biru)
1 sdm baking powder
1 sdm soda kue

Cara Membuat :
1. Siapkan cetakan bolu sakura, semir dengan mentega hingga rata. Taburi sedikit terigu. Sisihkan. Atau kalau mau gampang oles aja dengan pengoles loyang (carlo atau palmia) lebih praktis dan mudah serta cepat :)
2. Masak 250 gr gula pasir hingga jadi karamel. Tuangi air, jangan diaduk. Masak hingga mendidih. Angkat. Sisihkan. Nah kemarin tidak semua gula jadi karamel tetapi sudah aku tuang dengan air. Kemudian di akhir pemasakan karamel ini aku aduk untuk melarutkan sisa-sisa karamel yang ada di panci.
3. Panasi dandang dengan api sedang, beri serbet atau taplak meja pada tutupnya.
4. Kocok telur dengan sisa gula pasir hingga kental dan mengembang. Tuangi gula karamel sambil dikocok dengan kecepatan rendah hingga rata. Saat ini adonan akan encer banget tapi gak perlu khawatir.
5. Masukkan terigu, aduk rata. Tambahkan mentega cair secara bertahap sambil diaduk perlahan hingga rata.
6. Tuang adonan ke dalam cetakan sampai 3/4 cetakan. Kukus selama 15 menit hingga matang. Angkat. Keluarkan dari cetakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar