Bunga Tulip

Buat kukisnya butuh pengorbanan. Dimulai jam 8 malam baru selesai jam 11.30 malam. Ini sebenarnya eksperimen. Saya sudah lama jualan cetakan dengan model seperti ini.

Tapi baru kali ini baru kepikiran mo nyobain buatnya. Ternyata awalnya susah sekali untuk nyetak adonannya. Pada ngelengket semuanya. Terutama yang bikin lengket itu tengahnya yang untuk lubang. Udah diberi tepung, masih lengket. Saking putus asanya, cetakan kukisnya saya kasi carlo (untuk pengoles loyang biar ga lengket) tapi tetep aja lengket.

Tetep berjuang selama setengah jam hingga nyetaknya baru setengah loyang. Akhirnyaaaaaaa saya punya ide untuk copotin tengahnya, dan berhasil). Jadi motif tulip dicetak di adonan, tekan tengahnya menggunakan penekannya, baru lepaskan tengahnya, dan lepaskan cutter tulipnya. Alhamdulilah.. jadinya cepet banget.


Resep dasarnya saya pake dari kue imperial choco colornya buku Seri Usaha Boga: Kue Kering Modern Sisca Susanto

Bahan A:
125 gr mentega
50 gr margarine
1/2 sdt garam
1 sdt emplex --> ga dipake juga boleh
125 gr gula bubuk
1/4 sdt vanili bubuk

Bahan B:
1 butir telur
100 gr white cooking chocolate, lelehkan.

Bahan C:
1 sdt baking powder
25 gr susu bubuk
300 gr tepung terigu protein sedang
50 gr susu bubuk
25 gr tepung maizena

Bahan D:
Selai strawberry (saya pake toping strawberry yang untuk olesan roti berbentuk botolan)
Pewarna hijau secukupnya

Cara Membuat:
1. Kocok bahan A sampai mengembang,
2. Masukan bahan B, kocok lg sampai rata.
3. Beri bahan C, aduk rata dengan spatula. Jangan pake tangan ya. Adonan akan sedikit lembek, tapi masih bisa dicetak kok.
4. Ambil sedikit adonan (sekiranya saja), beri pewarna hijau secukupnya. Uleni dengan tangan hingga seluruh warna tercampur rata. Harus agak sabar ya, karena pewarna makanan biasanya agak lama bisa tercampur rata di adonan seperti kue kering. Sisihkan
5. Alasi meja makan (saya kalau bikin kue selalu di meja makan) dengan plastik putih. Taruh adonan lalu tutupi lagi dengan plastik putih, giling hingga ketebalan yang diinginkan. Cetak dengan cutter tulip, cetak tengahnya untuk membuat bolongan, angkat tengahnya, angkat juga cutter tulipnya), simpan di atas loyang yang sudah dialasi kertas roti.
6. Panaskan oven dengan suhu 140 derajat.
7. Beri selai strawberry di tengah adonan kukis, cukup 1 tetes tiap kukis.
8. Cetak adonan berwarna hijau, cetak dengan cutter bentuk daun, tempelkan di atas kukis tulip.
9. Panggang dengan temperatur 140 derajat hingga matang.
10. Angkat, simpan dalam toples.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar