Strawberry Bread

Hmmm pengalaman pertama buat Strawberry Bread. Baru kali ini buat cake strawberry yang tanpa menggunakan pasta strawberry. Selama ini kan kalo buat kue selalu pake pasta strawberry. Nah.. kalo resep ini pake strawberry segar yang dicampur ke adonan cake. Jadi cakenya ada totolan strawberrynya. Strawberry Bread ini termasuk kue yang “berat” makanya digolongkan ke kategori breakfast. Anehnya lagi kalo dipotong pas hangat, kuenya beremah, tapi kalo dipotong dalam keadaan dingin, kuenya ga beremah, hasilnya mulus banget.

Strawberry ini sangat bagus untuk kesehatan terutama untuk ibu hamil karena strawberry mengandung asam folat yang tinggi sehingga bagus untuk perkembangan janin. Strawberry juga sebagai anti kanker, anti aging, mengencangkan kulit, mengatasi panas dalam, dan mencegah leukemia. Hebat kan manfaat dari strawberry.


Resep aslinya ini ya http://www.joyofbaking.com/breakfast/StrawberryBread.html

Bahan:
1/2 cup (113 gram) unsalted butter
3/4 cup (150 gram) gula pasir putih
3 butir telur
1 sdt vanili ekstrak
2 gelas (260 gram) tepung protein sedang
1/2 sdt baking powder
1/2 sdt baking soda
1/4 sdt garam
1 sdt bubuk kayu manis
1/2 cup (120 ml) sour cream atau yogurt plain
1/2 cup (55 gram) kacang walnut atau pecan, sangrai atau panggang, cincang kasar.--> saya pakein kacang mete. kalo kurang suka cake yang berkacang, kacang ini bisa dihilangkan.
1 1/2 cup strawberry segar cincang (sekitar 15 buah strawberry)

Cara membuat:
- Panaskan oven 180 derajat
- Oles loyang ukuran 12 X 22 X 6 cm dengan mentega
- Ayak tepung terigu, baking powder, baking soda, garam, dan bubuk kayu manis, sisihkan.
- Kocok mentega sekitar 1 menit. Tambahkan gula dan terus kocok hingga mengembang. Tambahkan telur, satu per satu, kocok lagi. Tambahkan vanili ekstrak.
- Kecilkan mixer pada kecepatan rendah, tambahkan campuran tepung (dalam tiga tahap) dan sour cream (dalam dua tahap) bergantian, dimulai dan diakhiri dengan tepung. Jadi masukan tepung, sour cream, tepung, sour cream, dan tepung. Kocok hingga tercampur rata.
- Tambahkan strawberry cincang dan kacang. Aduk rata.
- Masukan adonan ke dalam Loyang. Panggang hingga matang. Tanda cake sudah matang adalah tepi cake dan permukaannya berwarna kecoklatan. Jangan lupa dengan tusuk gigi.
- Taruh di rak kawat untuk mendinginkan dan kemudian keluarkan roti dari loyang. Sajikan hangat atau pada suhu kamar. Roti ini juga dapat dibekukan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar