Banana Bread


Kepengen juga nyobain banana bread. Rencananya ntar pas arisan mo pake banana bread ini. Jadi ceritanya mo bikin tester dulu. Menurut saya banana bread ini saat terbaik untuk memakannya adalah ketika dalam keadaan hangat. Saya paling suka tepi-tepinya, garing gitu pas dimakan. Ntar rencananya kalo bikin lagi mo pake cetakan muffin aja biar kuenya garing.

Resep dari Joy of Baking http://www.joyofbaking.com/breakfast/BananaBread.html Inspirasi dari mba ricke

Bahan:
1 cups (115 gram) kacang walnut atau kacang pecans, panggang dan cincang kasar --> boleh pake boleh engga. Saya pakein kacang mete yang diblender. Karena diblender jadinya terlalu halus. Kurang terasa gitu kacangnya.
1 3/4 cups (230 grams) terigu serba guna (protein sedang/segitiga biru)
3/4 cup (150 grams) gula pasir
1 sdt baking powder
1/4 sdt soda kue
1/4 sdt garam
1 sdt kayu manis bubuk
2 butir telur ukuran besar, kocok lepas
1/2 cup (113 grams) unsalted butter/margarin, cairkan dan dinginkan
3 buah pisang ambon/cavendish matang (sekitar 450 grams), hancurkan dengan garpu --> saya pakein pisang berangan. butuh sesisir pisang untuk dapat 450 gram.
1 sdt pure vanilla extract (aku pakai essence vanilla)

Cara membuat:
1. Panaskan oven 180'C. Siapkan loyang (saya pakai ukuran 10x22x6 cm), olesi dasar dan sisinya dengan mentega, taburi dengan sedikit terigu. Sisihkan.
2. Dalam sebuah mangkok/baskom yang agak besar, aduk dan ayak terigu, baking powder, soda kue, kayu manis bubuk dan garam. Masukkan gula pasir. Campur rata. Sisihkan.
3. Dalam mangkok lain, campur pisang, telur, mentega leleh dan vanilla. Aduk rata. Masukkan ke dalam campuran tepung dan aduk perlahan dengan spatula karet. Aduk cukup hanya sampai bercampur saja, tidak usah sampai lembut dan halus.
4. Tuang ke dalam loyang. Tempatkan loyang yang berisi adonan di tengah. Panggang dalam oven selama 60 menit atau sampai matang dan kecoklatan. Lakukan tes tusuk dengan tusuk gigi atau lidi bersih.
5. Taruh di rak kawat untuk mendinginkan dan kemudian keluarkan roti dari loyang. Sajikan hangat atau pada suhu kamar. Roti ini dapat dibekukan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar