Agar-Agar Pelanggi



Mba Melly.. akhirnya jadi juga agar-agarnya. Masih kalah jauh dengan mba melly punya. Tapi alhamdulilah jadi. Pas buat sempet senewen juga karena antara lapis kedua dan ketiga hampir nyampur. Dah gitu agar-agar susunya cuma bagus di lapisan pertama. Di tiga lapisan selanjutnya agar-agar susunya udah pecah. Agar-agar susunya ga sempet diaduk-aduk. Soalnya sibuk nungguin tu agar-agarnya agak beku. Makanya hasilnya seperti ini. Pas di lapisan terakhir juga ager-agernya ga sampai 250 ml, cuma tersisa 150 ml. Tapi pas tadi pagi lihat hasilnya ternyata cukup menyenangkan. Ga sejelek yang dikira pas ngebuatnya.

Resep aslinya lihat disini ya http://rozzan.blogspot.com/2007/12/agar-agar-pelangi-indah.html

Bahan A:
Agar- Agar : 10 gram
Gula pasir : 1/2 cup (110 gram)
Air : 1 liter
daun pandan : 5 helai --> ga pake

Bahan B:
Agar - Agar : 10 gram
Gula pasir : 1/2 cup (110 gram)
Susu : 1 liter

Bahan C
pewarna : tergantung mau pake warna apa

Cara Membuat :
- Masak bahan A sehingga mendidih. Masak pula bahan B sehingga mendidih.
- Kalo mau buat 4 warna, tuang ke dalam gelas ukur sebanyak 250 ml agar-agar susu (Bahan B), lalu beri pewarna setetes ato secukupnya, aduk rata, lalu tuang ke dalam loyang. Tunggu sebentar sehingga agarnya setengah keras.
- Sementara menunggu agar lapisan pertama hampir mengeras, tuang ke dalam gelas ukur sebanyak 250 ml agar-agar plain (Bahan A), lalu beri pewarna yang sama seperti lapisan sebelumnya, aduk rata lalu tuang ke atas lapisan pertama, yang sudah agak meneras tadi.
- Ulangi step 2 dan 3 sampai agar-agarnya habis digunakan.
- Setelah selesai melapisnya, tunggu hingga dingin, barulah di masukkan ke dalam kulkas. biarkan sampai mengeras. Dinginkan, Sajikan.

Tips:
1. Agar-agar yang hendak digunakan itu haruslah berada di atas api yang kecil, supaya selalu mencair dan mudah bila dicampur dengan pewarna.
2. Waktu melapis agar, harus dalam keadaan setengah keras, jangan terlalu cair nanti warnanya menyatu, kalo terlalu keras nanti ngga mau menempel. Kalo aku biasanya di kasih kipas angin biar rada cepet, trus di pegang kalo sudah ga nempel ditangan berarti sudah bisa ditaruh lapisan seterusnya.
3. Biasanya untul lapisan kedua sampai habis, aku tuang agarnya ke sendok jadi ga langsung jatuh di atas lapisan sebelumnya. Waktu dituang perlahan-lahan dan sedikit-sedikit, jarak sendok ke lapisan sebelumnya jangan terlalu tinggi, nanti lapisannya pecah (bercampur).

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar