Chunky Banana Almond Oats Muffins

 
Gara-gara lihat postingan Mba Isna Sutanto tentang Banana Oats Muffin, saya langsung semangat masukin ke dalam list kue yang akan saya bikin. Karena pisang lagi-lagi panen, jadi bisa langsung saya eksekusi muffinnya. Oh iya, muffin ini bukan tipe muffin seperti pada umumnya yang menjulang ke atas. Muffin ini tidak akan tinggi. Mungkin karena pengaruh penggunaan pisang dan oatmeal yang membuat muffin tidak akan kembang. Tekstur muffin ini juga padat, bukan ringan. Mirip seperti teksturnya banana bread. Saya lihat yang dibuat Mba Isna dan Mba Yulyan juga tidak mengembang. Berarti yang saya bikin juga benar.

Oh iya, beberapa waktu yang lalu ada yang nanya, saya dapetin yogurt tawar dimana untuk area Pontianak. Saya dapetin yogurt tawar di area jogging track di Gor Pontianak. Yang jualan yogurt ini cuma jualan pada hari minggu pagi. Yogurtnya homemade dan harganya juga murah. Dijual dalam bentuk literan, gelas, dan stik. Saya sering beli yang stiknya untuk Kirana, ntar sampe di rumah, stiknya dibekuin terus dimakan deh. Kirana suka sekali stik yogurtnya. Setiap pagi dan sore selalu bilang ais-ais sambil nunjuk-nunjuk ke freezer.

Resep saya contek dari Mba Yulyan Parwati. Resep di bawah ini untuk 1 resep. Saya bikin 1/2 resep bisa dapet 18 buah cup ukuran sedang.

Bahan:
150 gram tepung terigu serbaguna
100 gram oatmeal
75 gram gula pasir
1 sdt baking powder
1/2 sdt baking soda
1/4 sdt garam
300 gram yogurt tawar
2 butir telur
100 gr minyak zaitun (saya gunakan minyak sayur)
1/4 sdt vanili bubuk
300 gr buah pisang uli, potong dadu kecil (saya gunakan pisang gepok)
Almond flakes secukupnya untuk taburan

Cara Membuat:
- Panaskan oven pada suhu 200 C. Siapkan loyang muffin, alasi semua lubang dengan mangkuk kertas, sisihkan.
- Dalam mangkok besar, campur tepung terigu, oatmeal, gula pasir, baking powder, baking soda,dan garam, aduk rata, sisihkan.
- Campur yogurt, telur, minyak, dan vanili dalam mangkuk lain, kocok dengan menggunakan whisk.
- Tuang campuran yogurt kedalam mangkuk berisi campuran tepung, aduk asal campur menggunakan sendok kayu/spatula.
- Tambahkan pisang yang telah dipotong-potong, aduk rata.
- Tuang adonan kedalam cetakan muffin ¾ penuh, lalu taburi dengan almond. Masukkan ke dalam oven, panggang selama 25-30 menit hingga matang.
- Keluarkan muffin dari oven, diamkan selama 5 menit, keluarkan muffin dari loyang, pindahkan ke atas rak kawat. Sajikan.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar