Puding Yoghurt Buah Kering


Kirana lagi suka-sukanya makan puding, makanya mamanya kirana jadi lebih sering bikin puding dan sering memposting foto puding juga. Kali ini nyobain puding yang menggunakan yogurt dan ditambahi kurma dan kismis. Enak lho puding menggunakan yoghurt. Ada sensasi rasa asam dan manis serta sedikit pahit dari kurma dan kismisnya. 
 
Puding ini diambil dari buku Puding Busa + Susu karangan Rinto Habsari. Aslinya (kalau ikut gambar di buku) adonan puding ini dituang ke loyang segiempat untuk kapasitas 1 liter, terus dibekukan lalu dipotong. Tapi kok ya kurang rapi ya bentuknya ketika dipotong. Akhirnya adonan puding saya tuang ke cetakan cupcake mini supaya lebih rapi. Puding yang saya buat, yoghurtnya agak pecah ketika saya dipanaskan. Jadi kurang cantik bentuknya.

Bahan:
1 bungkus agar-agar bubuk warna hijau
140 gr gula pasir (saya gunakan 100 gram)
1/8 sdt garam
500 ml yoghurt tawar
100 gram buah-buahan kering seperti kurma tanpa biji, sultana, kismis, potong-potong kecil (saya gunakan 50 gram kismis dan kurma)
3 kuning telur

Cara Membuat:
- Taruh agar-agar bubuk, gula pasir, dan garam dalam panci. Tuangi yoghurt sedikit-sedikit sambil aduk searah hingga rata. Jerangkan di atas api sedang sambil aduk-aduk hingga mendidih.
- Kacau telur hingga rata. Larutkan dengan sedikit larutan agar-agar panas hingga rata. Tuangkan kembali larutan telur ke dalam agar-agar mendidih sedikit-sedikit sambil aduk terus hingga rata.
- Masukan buah kering, aduk sekali lagi, angkat. Tuangkan ke dalam loyang yang sudah dibasahi air matang, ratakan. Biarkan puding membeku. Simpan dalam lemari pendingin hingga waktu saji.

Catatan: di point kedua, telur yang diberi sedikit agar-agar, kondisi agar-agarnya dalam keadaan panas, bukan mendidih. Kalau mendidih, maka telur akan berserabut. Kemudian tuang ke dalam agar-agar mendidih dan api kompor sudah tidak menyala. Aduk rata. 
 

4 komentar:

  1. aku pernah bikin puding pakai yogurt juga pecah mbak, padahal udah hati2 dan ditungguin pas memasaknya :D

    BalasHapus
  2. Iya nih, saya kalo memasak susu beserta olahannya dan santan-santanan seringnya suka pecah. Makanya seringnya bikin puding pake susu kental manis yang dimasukin ketika agar-agarnya sudah mendidih. Aman kalo metodenya begitu. hihihi *emak pemalas*

    BalasHapus
  3. jadi sering dan suka minum yoghurt nicch... karena sudah tau Manfaat Yoghurt, Yoghurt memang banyak khasiat dan manfaatnya ya :)

    BalasHapus