Snow Ball Coconut Cookies


Saya sudah lama sekali tidak membuat kukis yang menggunakan kelapa kering. Terakhir kali membuat kukis yang berbahan kelapa kering pun tidak saya ingat saking lamanya. Entah kenapa kemaren-kemaren saya enggan membuat coconut cookies. Nah.. ketika saya lagi nyari ide mo bikin kukis apa, saya mencoba jalan-jalan di blognya Mba Marisa Tamara, saya menemukan si snowball ini. Kebetulan semua bahan ada di rumah termasuk kelapa kering. Sebelum puasa, saya ada rencana mau buat Lamington Cake yang memang menggunakan kelapa kering, tapi sampe sekarang belum kesampean.

Ketika membuat Snow Ball Coconut Cookies, prosesnya cukup mudah dan tidak memakan waktu lama. Untuk satu resep saya membutuhkan waktu sekitar 2 jam mulai dari menimbang hingga proses pembakaran selesai. Dibakar pun tidak membutuhkan waktu lama. Snow Ball Coconut Cookies ini paling nikmat jika dimakan dalam keadaan hangat, ketika digigit ada coklat putih yang keluar dari cookiesnya. Ketika dalam keadaan dingin, coklat putihnya membeku dan menimbulkan sensasi tersendiri ketika digigit.

Resep saya ambil dari NCC Indonesia

Bahan A:
150 g mentega
75 g margarine
150 g gula halus
½ sdt garam
½ sdt vanili

Bahan B:
3 butir kuning telur

Bahan C:
300 g tepung terigu protein rendah
1 sdt baking powder
50 gr oatmeal, blender halus
40 g susu bubuk fullcream
50 g keju cheddar parut, dinginkan dalam lemari es

Bahan D:
200 g coklat putih, potong dadu kecil
Kelapa kering
Gula donat untuk taburan

Cara membuat:
- Kocok bahan A hingga mengembang. Masukkan bahan B, kocok lagi sebentar. Matikan mikser. Masukkan bahan C kecuali keju sambil diayak, lalu masukkan keju, aduk rata dengan pastry blender atau sendok kayu.
- Ambil satu bulatan kecil adonan (saya timbang 5 gram per buahnya), tipiskan di tangan, lalu masukkan potongan coklat putih, bulatkan lagi, gulingkan pada kelapa kering.
- Susun di atas loyang. Panggang hingga matang, dinginkan.
- Taburi dengan gula halus, simpan dalam wadah rapat yang kering.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar