Puding Pelangi


Sudah lama sekali saya ga pernah bikin puding variasi. Terakhir kali bikin puding variasi pas bikin puding pelangi ala mba melly. Beberapa kali terakhir ini cuma bikin puding simple yang dari nutrijell doang. Waktu kemas-kemas lemari, saya menemukan buku puding. Niat pengen bikin puding pelangi ini udah lama, tapi bukunya belum ditemukan, ntah dulu-dulu raib dimana. Nah.. ketika kemaren ketemu buku ini, pas sekali untuk dibuat.

Usaha untuk foto pudingnya pun ga gampang. Cuaca mendung. Jadi kamera yang jadul ga bisa moto dengan makro. Selalu blur. Akhirnya pas abis jemur baju sekitar jam 10 pagi, saya liat ada sedikit matahari. Cuaca juga sudah mulai agak bersahabat, ada cahaya maksudnya. Jadilah sesi foto yang kedua pun dimulai. Alhamdulilah hasilnya agak mendingan.
 

Resep diambil dari buku Puding Busa + Susu karangan Rinto Habsari

Bahan:
Adonan coklat
1 sdm peres agar-agar bubuk warna coklat (saya gunakan agar-agar warna putih)
1 sdm muncung coklat bubuk
50 gram gula pasir
1/8 sdt garam
100 ml susu kental manis coklat (saya gunakan 2 sachet kecil skm coklat)
250 ml air
1 kuning telur

Adonan putih
1 sdm peres agar-agar bubuk warna putih
30 gram gula pasir
1/8 sdt garam
100 ml susu kental manis putih (saya gunakan 2 sachet kecil skm putih)
250 ml air
1 kuning telur

Adonan merah muda
1 sdm peres agar-agar bubuk warna merah (saya gunakan agar-agar warna putih)
1/8 sdt garam
50 ml sirup merah (saya gunakan sirup coco pandan)
100 ml susu kental manis putih (saya gunakan 2 sachet kecil skm putih)
250 ml air
1 kuning telur

Cara Membuat:
- Adonan coklat: Jerangkan semua bahan kecuali kuning telur, di atas api sedang sambil diaduk-aduk hingga mendidih. Larutkan kuning telur dengan sedikit agar-agar panas. Tuangkan kembali ke dalam agar-agar mendidih sedikit-sedikit sambil aduk rata. Angkat, tuangkan ke dalam cetakan yang sudah dibasahi air matang, ratakan. Sisihkan.

- Adonan putih: Jerangkan semua bahan kecuali kuning telur, di atas api sedang sambil diaduk-aduk hingga mendidih. Larutkan kuning telur dengan sedikit agar-agar panas. Tuangkan kembali ke dalam agar-agar mendidih sedikit-sedikit sambil aduk rata. Angkat, biarkan uapnya hilang. Tuangkan di atas adonan coklat, ratakan. Sisihkan.

- Adonan merah muda: Jerangkan semua bahan kecuali putih telur, di atas api sedang sambil diaduk-aduk hingga mendidih. Angkat, aduk-aduk hingga uapnya hilang. Kocok putih telur hingga kaku. Tuangi agar-agar panas sedikit-sedikit sambil terus kocok denga mixer berkecepatan rendah hingga rata. Tuangkan di atas adonan putih. Biarkan beku dalam kulkas hingga waktu saji.

Catatan:
- Menurut saya pudding ini sangat manis, jadi kalau yang tidak suka terlalu manis bisa mengurangi gula pasir atau susu kental manis.
- Ketika memasukan adonan agar ke kuning telur, pastikan agar dalam keadaan panas, bukan dalam keadaan mendidih. Ini untuk menghidari kuning telur berserabut ketika kena agar yang sangat panas.
- Untuk membuat 1 resep ini dibutuhkan 2 bungkus agar-agar ukuran 7 gram.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar