Kue Coklat Kacang


Masih postingan edisi kue lebaran di rumah kami. Kali ini saya posting kue coklat kacang. Kue ini rasanya nyoklat banget, soalnya make coklat juga sampe 750 gram, tentu pasti nyoklat. Cuma menurut saya, di resep ini harus ditambah lagi kacangnya. Di resep kan kacangnya 150 gram, terus saya pakein 250 gram, ternyata kayaknya masih kurang ngacang (menurut saya ya). Coba liat di fotonya, kacangnya cuma seutit utit kan...



Resep saya ambil dari Yasa Boga dari buku "Terampil Membuat Kue Kering"

Bahan:
200 gr mentega/margarin (saya pakein 100 gram margarin, 100 gram mentega)
150 gr gula pasir setengah halus --> maksudnya gula pasir diblender, saya cuma pake 50 gr
1 butir telur yang besar
250 gram tepung terigu, ayak
1 sdt baking powder
750 gr coklat masak tawar, tim sampai leleh, dinginkan. --> berhubung di pontianak ga nemu coklat tawar, saya pakein coklat biasa, kebetulan saya pake coklat elmer yang dark tapi manis, jadi takaran gula pasirnya saya kurangi.
150 gram kacang tanah, sangrai, kupas, cincang kasar --> saya pakein 250 gr kacang mete

Cara Membuat:
- Kocok mentega hingga lembut, masukan gula, kocok hingga tercampur rata.
- Masukan telur, kocok rata.
- Masukan sebagian tepung, kacang cincang, coklat, aduk rata. Masukan sisa tepung kembali sampai rata
- Ambil setiap kali kurleb 0,5 - 1 sdm, tata pada loyang yang sudah diolesi margarin dengan jarak 4 cm. (saya timbang kuenya, menurut saya ukuran yang paling bagus sekitar 4 gram / buahnya). kalo gedenya sekitar 0,5 sdm saja sudah termasuk besar sekali kuenya
- Panggang sampai matang, kemudian angkat dan dinginkan.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar