Strawberry and Blueberry Cookies


Hai hai semua....

Lama ya saya ga posting makanan atau kue-kue. Saya masih belum bisa bagi waktu. Masak sih tetap, baking udah ga sempat. Mau posting masakan kok ya juga ga sempat. Huhuhu.... Postingan kali ini pun disempat-sempatin posting sambil jaga toko.

Balik lagi ke kukis pertama saya untuk lebaran. Kali ini saya bikin kukis yang ditengahnya saya mix antara stoberi dan bluberi. Kukis ini menggunakan perbandingan tepung custard 1:1 dengan tepung terigu. Tekstur kukis jadinya lembut dan rapuh. Matengnya pun ga akan terlalu mateng bagian bawah kukis. Jadi mesti sering-sering cek ya.

Oh iya, saya mau cerita. Kali ini saya pakai oven baru. Masih setia dengan oven tangkring mickey mouse. Oven lama udah bolong-bolong karena karatan, udah lama dipakenya sekitar 6 tahunan, jadi memang mesti lem biru. Nah.. saya mau infokan tips jika menggunakan oven tangkring untuk pertama kalinya. Jadi satu hari sebelum digunakan, cuci oven dengan sabun hingga bersih dan semua debu hilang, keringkan. Panaskan oven dengan pintu terbuka hingga semua asap dan bau besinya hilang. Oven dipanaskan kurang lebih 15-20 menit. Matikan api kompor. Biarkan. Selang beberapa jam kemudian, oven dipanaskan lagi tetap dengan pintu terbuka. Dan lakukan hal yang sama sekali lagi. Total dipanaskan sebanyak 3 kali. Dan oven sudah siap untuk digunakan seperti biasa.

Kalau mau coba untuk membuatnya, pastikan selai paletta yang ditaruh di tengah kukis dalam keadaan rapi. Ketika dipanggang, selai paletta tidak akan melebar. Jadi biar cantik, pastikan selai dirapikan menggunakan tusuk gigi hingga ke ujung bagian. Setelah dipanggang pun, selai akan lengket dan saling menempel. Jadi ketika disusun di dalam toples, pastikan tiap susunnya dilapis dengan plastik.

Resep saya ambil dari resep yang ada di belakang kemasan cetakan nastart sin lian kode 200 yang saya gunakan.

Bahan:
125 gram mentega (saya gunakan 1:1 antara mentega dan margarin)
60 gram gula halus
1 kuning telur
100 gram tepung terigu serbaguna
100 gram tepung custard
30 gram tepung maizena
1/4 sdt vanila ekstak (saya ga pake)
Selai nenas secukupnya (saya gunakan selai stoberi dan bluberi paletta)

Cara Membuat:
- Kocok mentega, gula halus, kuning telur, dan vanila hingga lembut.
- Tambahkan tepung terigu, tepung custard, dan tepung maizena. Aduk rata.
- Giling adonan setebal 7 mm. Cetak dengan cetakan.
- Letakkan di atas loyang yang sudah dipoles margarin, taruh selai nenas.
- Panggang di suhu 170 C selama 15 menit dan kuning keemasan.

1 komentar:

  1. sis ada cetakan kue yang ini ga sis kalo ada kena berapa sis

    BalasHapus