Muffin Semolina


Mari bikin muffin lagi. Kali ini nyobain muffin yang dimix dengan semolina. Umumnya semolina itu digunakan sebagai bahan dasar pembuatan base pizza dan pasta. Saya dulu juga pernah cobain semolina dibikin pudding. Ternyata semolina ini bisa juga dibikin cake seperti muffin. Cuma karena sifat semolina yang berbutir, muffin ini pun menjadi beremah. Lebih beremah daripada butter cake pada umumnya. Kalau dibuka cup muffinnya, remahnya bisa langsung berhamburan ke lantai.

Karena bukan full tepung terigu, sehingga tekstur muffin semolina ini pun bukan yang mengembang seperti muffin pada umumnya. Muffin semolina hanya mengembang sekedarnya. Saya mengisi adonan ke dalam cup hampir penuh. Ketika belum dipanggang pun adonan muffin kental karena adanya semolina. Buat saya, tidak masalah tekstur muffin mau seperti apa, yang penting masih bisa dimakan.

Resep saya ambil dari Instagramnya Farah Quinn. Aslinya muffin ini menggunakan misugaru. Misaguru ini dapat diganti dengan tepung lain seperti semolina, tepung talas, tepung beras, cornmeal, dll. Saya ganti misaguru dengan semolina. Asal jangan diganti tepung sagu atau tepung tapioka ya. Bakal seperti cireng kalau dipakein tepung sagu atau tapioka. Hehehe... Oh ya, sebagai tambahan rasa, saya tambahkan keju yang dipotong dadu di dalam adonan supaya Kirana mau makan.

Bahan:
1 cup semolina (140 gram)
1 cup tepung terigu (140 gram)
1 sdm baking powder
1/4 cup gula pasir (57 gram)
1 sdt garam kosher (bisa diganti 1/4 sdt garam biasa, saya pakai garam biasa)

1 cup susu cair (240 ml)
2 butir telur
1/2 cup mentega, lelehkan (113 gram)
1/4 cup madu (120 ml)

Cara Membuat:
- Campur semua adonan kering di mangkuk berukuran besar, sisihkan.
- Campur semua adonan basah di mangkuk berbeda,aduk rata.
- Tambahkan adonan basah ke adonan kering, aduk rata dengan whisk atau sendok karet.
- Tuang ke loyang, panggang di suhu 180 C kurang lebih 25-30 menit hingga matang.

4 komentar:

  1. Kalao semolina saya gak suka pake untuk bikin cake mbk Rika..teksture nya berbitir gitu saya tdk suka. Memang benar rata-rata utk campuran bread atau pasta. saya suka dibikin pudding juga. Thx resepnya menginspirasi bngt. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karena kita di Indonesia ga familiar dengan semolina, jadi ketika saya coba untuk bikin pudding pun, lidah belum bisa terima.
      Mba Citra pernah bikin pasta pakai semolina?

      Hapus
  2. Penasaran belum pernah lihat semolina. Enakkah mbak kalau dibikin kue?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau masalah rasa, ga akan ada beda rasa Mba Selma. Sama seperti tepug terigu pada umumnya. Tekstur cake yang akan berpengaruh karena semolina teksturnya berpasir. Makanya ketika dibikin cake beremah sekali cakenya.

      Hapus