Kue Kenari


Ngekukis lagi... Jangan bosan ya dengan postingan kukis saya.

Kali ini saya coba bikin kue kenari. Kukis kenari lebih tepatnya. Kukis ini kukis jadul katanya. Kalau soal rasa, mirip dengan Janhagel yang dulu pernah saya buat. Metodenya pun sama, dipotong-potong ketika kukis sudah matang.

Karena saya ga pandai motong kukis yang sudah matang, pasti deh retak-retak. Jadi saya cetak kukis ketika masih adonan mentah. Adonan sebenarnya masih bisa dicetak, cuma memang agak lembut. Jadi saya kulkasin adonan sekitar 2 jam-an, baru mulai saya cetak.

Eh iya, kukis jadul itu gayanya memang sederhana seperti ini. Kukis yang cuma ditabur gula atau dikasi kacang atau kismis atau sukade. Simple banget kan ya. Ga terlalu heboh dengan kukis modern yang lagi ngehits seperti sekarang ini.

Resep saya ambil dari bukunya Dapur Anissa - 100 Resep Kue Kering Klasik Populer Indonesia

Bahan:
1 kuning telur
150 gram mentega
100 gram gula halus
175 gram tepung terigu
75 gram kenari yang telah dicincang (saya gunakan kenari ga banyak, iris memanjang)
75 gram gula pasir, untuk taburan (saya pake ga sampai 75 gram)

Cara Membuat:
- Campur mentega dan gula hingga lembut. Masukkan kuning telur, aduk rata dengan tangan. Masukkan tepung terigu yang sudah diayak, aduk dengan spatula hingga rata.
- Tempatkan dan tipiskan adonan langsung pada loyang. Olesi kuning telur, taburi kenari dan gula pasir. Panggang dalam oven dengan suhu 160 C hingga matang dan kering. (saya cetak adonan ketika masih mentah baru dipanggang)
- Keluarkan lalu potong-potong persegi panjang langsung pada loyang tersebut. (saya skip bagian ini)

2 komentar:

  1. saya juga suka kukis jadul lho mbk Rika. Simple dan gak banyak bahan. Rasanyapun penuh "nostalgia"... ya kan? :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul Mba Citra.
      Nostalgia-nya itu yang penting banget kan ya. Saya baru ngeh kenapa akhir-akhir ini bikin yang jadul mulu, mungkin karena sedang ingin mengenang mereka yang pernah ada di kehidupan saya yang lampau. *ahahaha bahasanya...*

      Hapus