Donat Tanpa Telur


Setelah beberapa hari yang lalu mencoba bikin donat, jadi saya cukup tertantang untuk mencoba membuat donat lagi. Kali ini mau coba resep yang sudah lama sekali saya simpan resepnya yaitu donat ekonomis karena tanpa telur dan tanpa susu. Jadi ini adalah donat ekonomis dengan rasa yang ga ekonomis.

Kalo liat adonan donatnya bu Fatmah itu mulus aja kayak pantat bayi. Lha, kalo saya yang bikin jarang mulus, adonan keliharan serat rotinya. Entah kenapa ya, bisa jadi karena menguleninya kurang elastis, cape kan ya nguleni adonan roti itu. Malah kepikiran jadi pengen punya bread maker. Hahaha.... *kedip-kedipin pak suami*

Eh iya, saya tu ya udah ga mulus bikinnya, pas digoreng pun meletot kemana-mana bentuknya. Jadi jarang yang bener-bener bulat, lebih banyak yang lonjong, donat model baru, hehehe... Padahal ketika dicetak, bentuk donatnya bulat semua. Entah kenapa ketika digoreng malah ga benar-benar bulat.

Resep saya ambil dari Ibu Fatmah Bahalwan yang beliau share di facebooknya.

Bahan:
500 gram tepung terigu protein tinggi
1 sachet ragi instant
50 gram gula pasir
350 ml air
80 gram margarin
Minyak secukupnya untuk menggoreng

Cara Membuat:
- Aduk tepung terigu protein tinggi, ragi instant, dan gula pasir hingga tercampur rata.
- Tuangi air, uleni hingga bergumpal-gumpal. Tambahkan margarin, uleni hingga kalis
- Adonan dipotong @40 gram, bulatkan hingga mulus. Istirahatkan selama 30 menit. (saya giling adonan, kemudian cetak dengan cetakan donat baru diistirahatkan selama 30 menit)
- Donat siap digoreng.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar