Cheese Plaits


Bikin kukis lagiii.

Kali ini cobain kukis keju yang lain lagi. Di rumah saya itu pecinta keju, jadi kukis yang ada kejunya pasti lebih laris ketimbang kukis yang lainnya. Eh ya, entah kenapa atau apa cuma perasaan saya kali ya, kalo makan kukis di hari-hari biasa itu berasa sekali nikmatnya ketimbang pas lebaran. Jadi sekali bikin kukis paling lama 2 hari pasti ludes. Kalau kue lebaran bisa sampai ketemu lebaran Idul Adha itu ngabisinnya.

Kali ini saya cobain cheese plaits, resep jadul dari Nila Chandra. Pakai kuning telur yang banyak. Enak sih, tapi ga enak di kantong kan ya. Untung untuk nyemirnya ga pake kuning telur lagi. Eh ya, kukis ini pake tepung custard. Masih ga ngeh saya fungsi tepung custard di dalam adonan kukis itu buat apa. Saya cuma tahunya custard itu untuk vla dan puding doang. Nah.. di resep ini tepung custard dijadikan tambahan tepung. Hmm fungsinya mirip seperti penggunaan maizena untuk kukis kali ya. *saya yang sotoy*

Resep diambil dari bukunya Joyce Aswan - Kue Kering Ala Nila Chandra. Saya bikin 2 resep hasilnya ga banyak. Kurang lebih 70 pcs saja, itupun bulatannya kecil-kecil.

Bahan:
90 gram mentega / margarine
3 kuning telur, kocok sebentar (untuk 2 resep saya gunakan 3 kuning telur saja, telur lagi mahal)
2 sdm air
¼ sdt tepung custard
125 gram keju parmesan, parut (saya gunakan cheddar)
175 gram tepung terigu *campur, ayak
½ sdt baking powder *(saya ga pake)

Untuk olesan:
1 putih telur, kocok sebentar *campur kocok sebentar
Merica bubuk secukupnya *
Garam secukupnya *

Cara Membuat:
- Kocok mentega / margarine hingga putih. Tambahkan kuning telur, air, dan tepung custard, kocok terus hingga halus. Masukkan 80 gram keju dan campuran tepung, aduk rata dan uleni hingga kalis.
- Cetak adonan dengan cetakan bulat. Letakkan potongan tersebut di loyang yang telah dialasi mentega / margarin. (saya alas dengan baking paper, ga perlu oles apapun)
- Oleskan campuran putih telur kocok ke atas potongan adonan yang telah dicetak, taburi dengan sisa keju parut. Panggang dengan api sedang (180 C) selama kurleb 25 menit hingga matang, angkat. Simpan dalam wadah tertutup setelah dingin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar