Cake Kurma


Kurma berasa blekberi, ditaroh di atas cake. Hahaha... Sengaja difoto gelap biar eksotis cake sedikit tersamarkan. Gara-gara meleng sebentar aja ditinggal nyuci piring, item deh cakenya. Untung ga hangus. *curhat hari ini*

Kenapa hari ini saya bikin cake kurma? Itu gara-gara ada sekotak kurma oleh-oleh dari Oma-nya Kirana waktu pulang haji. Di rumah saya itu bukan pecinta kurma, jadi kurma oleh-oleh Oma disimpen di kulkas dari bulan haji sampai lah sekarang. Kurmanya mulai keluar butiran gula. Daripada disimpen lama-lama mending saya bikinin cake. Resep di dalam cakenya, porsi kurma cukup banyak. Jadi lumayan membantu untuk menghabiskan kurma.

Kesalahan di dalam membuat cake ini adalah loyang yang kekecilan. Saya pakai loyang tulban ukuran 20 cm. Padahal adonan ga penuh. Masih ada sisa sekitar 1.5 cm. Saya pikir hanya mengembang sampai ke pinggiran loyang, rupanya naik sampai ke atasnya loyang. Mentok ke rak atasnya sehingga rak kawat atas saya copotin biar bisa mengembang. Keliahatan kan batas mengembangnya?

Karena porsi kurma cukup banyak sehingga kurma pasti akan turun ke dasar. Walau kurma sudah dibedakin dengan terigu untuk membuatnya tetap mengapung, tetapi karena jumlahnya banyak sehingga akan turun ke dasar loyang. Jika kurmanya sedikit atau sekedarnya saja, maka kurma bisa mengapung cantik di tengah-tengah cake. Ga papa deh mengendap ke dasar cake. Yang penting kurmanya cepat habis dan ga perlu nunggu lebaran haji berikutnya untuk ngabisin kurma.

Ternyata setelah dibikin cake, ga berasa makan kurma lo. Kurmanya jadi lembab. Kurma yang mejeng di atas cake itu kurma ajwa. Yang saya pakai untuk di dalam cake kurma biasa.

Resep saya ambil dari buku resep warisam Almh. Tante Hamsah

Bahan:
200 gram margarin
85 gram gula halus (saya pakai gula pasir, menurut saya 85 gram gula pasir, kuenya ga manis, jika suka manis bisa menggunakan 100-150 gram gula)
2 butir telur
210 gram tepung terigu
1 sdm baking powder
1 sdt soda
250 gram kurma, buang bijinya, potong dadu, lumuri dengan sedikit terigu
300 ml air (saya pakai susu cair)

Cara Membuat:
- Panaskan oven 180 c. Olesi loyang dengan margarin, sisihkan.
- Ayak tepung terigu, baking powder, dan baking soda. Sisihkan.
- Kocok margarin dan gula sampai tercampur rata dan mengembang. Masukkan telur satu per satu sambil tetap dikocok sampai rata.
- Tambahkan campuran tepung ke dalam adonan, aduk rata dengan spatula. Masukkan kurma, aduk rata dengan spatula.
- Tambahkan air, aduk rata hingga semua adonan tercampur rata.
- Tuang ke dalam loyang. Panggang hingga kue matang. Lakukan tes tusuk untuk mengetahui kematangan.

3 komentar: