Asam-Asam Udang


Hari ini saya masak asam-asam udang. Ada yang pernah makan? Atau ada yang sudah biasa makan? Kami di Pontianak tidak familiar dengan asam-asam. Kalau dilihat-lihat dari komposisi bahan dan rasanya, asam-asam udang yang saya bikin kali ini sama dengan asam pedas tapi pakai udang. Nah.. buat yang tinggal di Pontianak, pasti familiar dengan asam pedas. Kalau versi thailandnya itu tom yum dengan bahan yang minimalis tanpa tambahan apapun, hanya udang.

Kenapa hari ini tiba-tiba masak asam-asam udang? Karena pohon belimbing wuluh saya lagi panen. Buahnya cukup banyak. Tadi saya ambil untuk bikin asam-asam udang ini, terus ada saya sisain 10 buah disimpan di kulkas, rencana mau bikin asam-asam ayam yang entah kapan akan saya bikin. Nah tetangga sebelah dan sebelahnya lagi juga kebagian sekantong. Saya timbang kurang lebih @500 gram. Lumayan banyak kan panennya. Daripada sayang kebuang karena banyak yang jatuh, jadinya sering dibagi-bagiin. Dulu Mba Ina cerita bisa dibikin asam sunti, tapi saya males. Kata tetangga yang dibagiin, belimbing wuluh ini bisa juga disambel, tapi di rumah lagi libur nyambel gara-gara Ayah Kirana lagi maag. Jadi ya masak dengan belimbing wuluhnya terbatas juga.

Entah kenapa tiap ada yang kebagian belimbing wuluh ini senang banget. Pernah ada konsumen yang ambil barang ke rumah ngeliat pohon belimbing wuluhnya lagi panen, langsung minta, malem-malem pula ngambilnya. Pernah juga ada tetangga agak jauh dari rumah ketok-ketok pagar gara-gara kepengen dengan belimbing wuluhnya. Saya memang jarang ketemu penjual belimbing wuluh ini di pasar. Sebenarnya harganya ga mahal, tapi ya jarang ada yang jual. Alhamdulilah pohon belimbing wuluhnya masih bisa jadi ladang amal. Di pohon masih ada yang kecil-kecilnya. Lumayan buat nanti-nanti, siapa tahu kepengen bikin apa lah gitu.

Resep diambil dari bukunya Ayu Kharie - Paket Menu 30 Hari

Bahan:
250 gram udang, kupas, sisakan ekor
800 ml air

Haluskan:
4 butir bawang merah
3 siung bawang putih, goreng
2 butir kemiri, sangrai
1 cm kunyit, goreng
3 buah cabai merah kering, goreng
3 buah cabai merah besar, goreng
3 buah cabai merah keriting, goreng

8 buah belimbing wuluh, potong bulat
6 buah cabai rawit merah utuh
1 1/2 sdt garam
1/4 sdt merica bubuk
1/2 sdt gula pasir

Cara Membuat:
- Kupas udang, sisakan bagian ekor. Cuci bersih dan tiriskan.
- Didihkan air dan bumbu halus sampai harum dan matang.
- Masukkan belimbing wuluh, cabai rawit merah, garam, merica bubuk, dan gula pasir, aduk rata.
- Tambahkan udang, masak sampai mendidih dan matang. Angkat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar