Sup Ayam Jamur


Kalau lagi flu itu bawaanya pengen makan yang berkuah terus biar jadi lega. Jadi tadi saya bikin sup ayam jamur aja untuk makan kami hari ini. Dan lagi lagi saya belum bisa membuat kuah sup ayamnya menjadi bening cantik seperti di restaurant siap saji itu. Saya gunakan kaldu ayam non msg. Nah kaldu ayamnya itu yang bikin kuahnya agak keruh. Ga papa kok keruh, yang penting aman makannya.

Kali ini nyobain ayam yang ditumis dulu sampai matang baru dimasukin ke kuah sup. Bagus banget metode tumis ini, ayam jadi terasa lebih berbumbu. Di resep menggunakan jamur hioko atau yang lebih dikenal dengan nama jamur shitake. Saya ga ada nyetok di rumah, jadi saya cuma pakai jamur kancing kalengan saja.

Bagi pengguna jamur kalengan seperti saya ada tips nih buat menyimpan jamur kalengan yang belum digunakan, jika jamur tidak habis digunakan, taruh sisa jamur dan larutan air garam yang ada di kaleng ke dalam wadah plastik. Simpan di dalam kulkas. Jika mau lebih lama, simpan di dalam freezer. Ternyata jika disimpan di dalam freezer, rasa jamur tidak berubah. Jangan pernah menyimpan kelebihan jamur beserta dengan kalengnya di dalam kulkas. Dijamin pasti karatan.

Resep diambil dari bukunya Tim Dapur Demedia - Kumpulan Resep Sepanjang Masa

Bahan:
350 gram daging ayam
2 sdm minyak untuk menumis
5 buah jamur hioko, iris-iris (saya ga pake)
100 gram jamur kancing, belah empat
1 liter air
1 sdt kaldu ayam bubuk
1/2 sdt merica bubuk (saya pakai banyak)
1 sdt garam
2 batang daun bawang, iris tipis

Bumbu Halus:
4 siung bawang putih
1/2 sdt merica bubuk
1 sdt garam

Cara Membuat:
- Potong-potong ayam bentuk dadu, lalu campur dengan bumbu yang sudah dihaluskan sampai rata. Diamkan selama 15 menit.
- Panaskan minyak, tumis daging ayam sampai kaku. Angkat dan sisihkan.
- Didihkan air, lalu tambahkan kaldu ayam bubuk. Masak sampai mendidih. Masukkan tumisan ayam, jamur hioko, dan jamur kancing. Tambahkan merica bubuk dan garam. Masak dengan api kecil, beri irisan daun bawang. Angkat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar