Sirup Belimbing Wuluh


Asyikkk bikin sirup homemade. Kali ini pakai belimbing wuluh.

Saya baru tahu belimbing wuluh bisa dibikin sirup setelah dapat info dari Kaka Olivia. Di bbm beliau cerita kalau Pak Wisnu ada posting tentang sirup belimbing wuluh di Grup NCC. Ternyata belimbing wuluh yang selama ini belum bisa termanfaatkan dengan baik oleh saya bisa dimanfaatkan dengan cara diolah menjadi sirup.

Di rumah saya ada pohon belimbing wuluh. Kalau pas lagi panen banyak sekali buahnya. Seberapa banyak lah kan ya yang bisa saya manfaatkan untuk dimasak. Kalau masih bisa dijangkau buahnya, saya ambil dan bagi ke tetangga di rumah dan di toko. Kalau letak buahnya tinggi, seringnya ya kematengan terus kena angin dan jatuh ke tanah.

Kaka Oliv cerita, belimbing wuluh ini termasuk buah yang tidak mudah ditemui di pasar, langka rupanya. Saya memang belum pernah menemukan belimbing wuluh dijual di pastrad Pontianak. Gara-gara cerita Kaka Oliv, saya tiba-tiba merasa sangat bahagia memiliki pohon belimbing wuluh. Terharu rasanya.... Panen berikutnya saya akan bagi belimbingnya ke Kaka Oliv. Tunggu ya kaka.

Oh iya, kalau mau bikin sirup yang cantik, sebenarnya lebih bagus menggunakan gula rafinasi yang berwarna putih bersih. Di Pontianak ini, banyak beredar gula rafinasi dari Malaysia, lebih murah pula. Kalau tidak ada gula rafinasi bisa menggunakan gula yang berwarna putih, misalnya gulaku yang kemasan hijau. Nah.. kalau tidak ada stok gula berwarna putih, menggunakan gula pasir berwarna kuning juga boleh saja. Kelemahan dari gula pasir berwarna kuning ini, hasil sirupnya keruh berwarna coklat. Dari segi rasa tidak ada pengaruh, hanya kurang cantik saja.


Resep saya ambil dari Pak Wisnu yang beliau share di Grup Facebook NCC. Resep di bawah ini untuk 1 resep. Saya cuma bikin 1/4 resep karena ketika panen cuma ada 257 gram belimbing wuluh. Hasil dari 1/4 resep sekitar 500 ml. Di botol hijau itu kapasitas 1 liter, hasil jadinya ada setengah botol untuk 1/4 resep. Info dari Pak Wisnu, jika tidak mau belimbingnya kelat, bisa dikukus terlebih dahulu. Menurut pengalaman saya, karena saya ambil belimbing wuluhnya muda-muda, jadi tanpa dikukus pun tidak akan getir. Rasanya segar sekali, seperti minum sirup lemon. Yuk dicoba.

Bahan:
1 kg belimbing wuluh
1 liter air
2 kg gula pasir
Bunga dari belimbing wuluh secukupnya

Cara Membuat:
- Blender belimbing wuluh dan air hingga halus, saring ampasnya, ambil airnya, sisihkan.
- Masak air belimbing wuluh dengan gula dan bunga belimbing wuluh hingga semua gula larut. Dinginkan.
- Sirup siap dinikmati dengan es dan air dingin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar