Empanadas de Cameron


Empanada adalah roti atau pastry yang berasal dari Spanyol dan Portugis. Empanada dapat digoreng atau dipanggang. Rasa empanada ini bisa manis atau asin. Empanada ini merupakan salah satu snack yang diadaptasi oleh masyarakat Indonesia menjadi panada, sepertinya pastel juga sama ya.

Yang saya bikin ini ala-ala empanadas yang asli. Diisi dengan udang dan bumbu yang lezat. Bahkan bentuknya pun saya bikin mirip. Kalau panada atau pastel yang biasa kita makan, ujungnya dipuntir, empanadas yang kali ini saya bikin cuma saya rekatkan dengan garpu. Awalnya mau digoreng. Percobaan pertama saya goreng, ternyata ujungnya merekah. Jadinya banyak empanadas yang lepas. Akhirnya yang lepas itu saya angkat dari wajan, saya panggang dengan oven.

Seperti inilah hasil empanadas yang dipanggang. Tekstur tetap cantik, tidak ada yang terbuka. Tapi kulitnya malah jadi mirip kulit pie. Tetap enak kok.

Resep diambil dari bukunya Primarasa – Kaki Lima Mancanegara

Bahan:
2 butir telur kocok lepas dengan 2 sdt air.
Minyak goreng

Bahan Kulit:
420 gram tepung terigu serbaguna
1 sdt garam
1 sdt gula pasir
200 gram mentega
100 gram bir dingin (saya gunakan air dingin, Cuma dipakai 3/4 bagian saja)

Bahan Isi:
3 sdm mentega
200 gram bawang bombai, cincang halus
4 siung bawang putih, cincang
2 buah tomat, buang biji, cincang
½ sdt paprika bubuk (saya ga pakai)
¼ sdt cengkih bubuk (saya gunakan biji cengkih, haluskan dengan dry mill)
½ sdt jintan bubuk (saya gunakan biji jintan, haluskan dengan dry mill)
2 sdm seledri cincang
400 gram udang kupas, buang uratnya, potong dua (saya potong dadu)
1 sdt garam
1 ½ sdt merica hitam, tumbuk kasar (saya gunakan lada hitam bubuk)

Cara Membuat:
- Adonan kulit: Campur tepung, garam, gula dan mentega dalam mangkuk, kocok dengan mikser kecepatan sedang hingga tercampur, masukkan bir dingin. Kocok terus selama 4-5 menit hingga adonan licin dan elastis. (saya tidak menggunakan mikser, cuma diuleni dengan tangan)
- Pindahkan ke dalam mangkuk, tutup dengan selembar plastik, masukkan ke dalam lemari es sedikitnya 15 menit sebelum digunakan.
- Adonan isi: Panaskan mentega dalam wajan, masukkan bawang putih dan bawang bombai. Setelah harum dan bawang matang, masukkan tomat, paprika, cengkih, jintan, seledri, dan udang. Tambahkan garam dan merica, aduk sebentar hingga udang matang, angkat, dinginkan.
- Keluarkan adonan kulit dari lemari es, gilas di atas talenan bertabur tepung hingga tebalnya 6 mm. Cetak bundar bergaris tengah 12 cm. Olei permukaannya dengan telur kocok.
- Taruh 1 1/2 sdm adonan isi di setengah bagian kulit, lipat hingga berbentuk setengah lingkaran. Tekan-tekan pinggirannya dengan garpu atau pilin pinggirannya hingga berbentuk seperti pastel.
- Panaskan minyak yang banyak dalam wajan / panci deep fry. Goreng empanadas hingga berwarna kuning keemasan, angkat, tiriskan. Atau panggang empanadas dalam oven selama 12-15 menit.

2 komentar: