Bica Blanca Cake


Alhamdulilah LBT ada PR lagi. Bulan Januari ini LBT ulang tahun yang kelima. LBT sudah cukup lama vakum. Di list saya terakhir LBT ada PR itu bulan puasa 2015 untuk sajian lebaran dan ramadhan. Setelah itu vacum. Mudah-mudahan ke depannya LBT bisa lebih aktif lagi.

PR LBT kali ini Bica Blanca Cake. Adakah yang pernah dengar? Bica blanca adalah kue tradisional dari Spanyol. Dibuat dari putih telur, mirip dengan angel cake. Yang unik itu penggunaan whipcream kocok. Baru kali ini saya bikin cake dengan menggunakan whipcream yang dikocok. Whipcream disini digunakan sebagai lemak di dalam cake. Karena menggunakan whipcream jadi warna bica bianca ini putih bersih.

Penggunaan kayu manis di atas cake sebelum cake dipanggang untuk menghasilkan taste yang berbeda. Ketika dipanggang bagian atas cake akan sedikit mengeras dan bubuk kayu manisnya menyatu dengan adonan. Yang coklat-coklat di atas cake itulah bubuk kayu manis yang mengeras. Dibolak balikpun tidak akan lepas bubuk kayu manisnya. Unik bukan?

Soal rasa, standar seperti cake putih telur. Kayu manisnya berperan besar membedakan bica blanca dengan cake putih telur lainnya. Saya bukan pecinta kayu manis, tapi kayu manis yang dipanggang di cake seperti bica blanca ini saya suka sekali. Jika memiliki putih telur yang cukup banyak, cake ini saya rekomendasikan untuk dicoba.

Resep saya ambil dari Teh Vivi Nowotny yang beliau share di grup LBT

Bahan:
6 putih telur (saya gunakan 180 gram putih telur)
Sejumput garam
325 gram gula pasir (saya gunakan 200 gram gula pasir karena saya menggunakan whipcream bubuk yang sudah manis)
250 gram tepung terigu protein sedang, ayak
250 ml whipping cream (saya gunakan 70 gram whipcream bubuk + air dingin hingga 250 ml)
Margarin secukupnya untuk olesan
Kayu manis bubuk

Cara Membuat :
- Panaskan oven sampai 180 ke 200 derajat Celcius.
- Kocok putih telur dengan sedikit garam, tambahkan sedikit demi sedikit gula pasir sampai kaku dan tekstur kocokan terbentuk saat mixer diangkat (stiff peaks). Tambahkan tepung, sedikit demi sedikit, sambil di aduk rata dengan kecepatan rendah.
- Kocok whipping cream sampai mengembang dan kemudian aduk rata ke dalam adonan putih telur.
- Olesi loyang dengan margarin dan lapisi dengan kertas roti, oles lagi dengan margarin. Tuangkan adonan secara merata ke dalam loyang dengan menggunakan spatula. Taburi permukaan adonan dengan kayu manis. (saya menggunakan loyang 20x20x4 cm)
- Panggang selama 35 menit, test dengan cara menusukan tusuk gigi pada cake, pastikan adonan cake tidak menempel. Keluarkan dari oven, simpan diatas rak kue hingga hangat atau dingin, keluarkan dari loyang dan lepaskan dari kertas roti. Cake siap di sajikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar