Muffin Keju


Sarapan kami pagi ini. Muffin ini rencananya untuk dibawa tadi pagi ketika kami olah raga di depan Masjid Mujahidin. Tapi karena pagi ini perginya terburu-buru, lupa deh muffinnya dibawa. Akhirnya pulang olah raga, muffinnya saya hangatkan lagi dengan oven dan disantap dalam keadaan hangat. Jadi pagi ini kami sarapan dengan muffin. Apakah kenyang? Pasti kenyang karena muffin itu memang mengenyangkan. Apalagi jika dimakan 2 atau 3 seperti saya. Dijamin pasti kenyang.

Perpaduan antara keju dan kismis membuat cita rasanya unik. Gurih dari keju dan manis dari kismis. Oh ya, yang namanya muffin itu memang menggunakan banyak baking powder. Jika dikurangi takarannya, kuenya bakalan ga mau mengembang dengan cantik. Yang saya bikin ini ga terlalu mengembang. Saya isi 3/4 cup cuma bisa mengembang setinggi ini. Entah dimana letak salahnya. Padahal ekspektasi saya, bakal seperti muffin di toko-toko bakery.

Membuat muffin tentu sangat mudah. Tinggal aduk semua bahan, jangan diaduk terlalu semangat, hanya cukup sampai semua tepung tercampur rata, ga perlu terlalu licin adonannya, tuang ke dalam paper cup, panggang, taraaaa muffin sudah bisa dinikmati. Mudah dan murah kan? Jadi ngapain perlu beli muffin di toko apabila bisa kita buat sendiri. Ya kan??

Resep diambil dari bukunya Dapur Kirana - Muffin. 1 resep ini dapat 10 cup ukuran sedang.

Bahan:
250 gram tepung terigu
3 1/2 sdt baking powder
1 sdt garam halus
1 sdt paprika bubuk (saya ga pake)
50 gram mentega
1 butir telur ayam
250 ml susu cair
120 gram keju cheddar, parut
100 gram kismis

Cara Membuat:
- Panaskan oven hingga 220 C. Olesi cetakan muffin dengan margarin. (karena saya pakai paper cup, jadi ga dioles dengan margarin)
- Ayak tepung terigu, baking powder, garam, dan paprika bubuk. Tambahkan mentega, aduk hingga rata. Masukkan telur ayam, susu cair, keju parut, dan kismis, aduk hingga rata.
- Isi cetakan muffin dengan adonan.
- Panggang dalam oven selama 25 menit hingga kue matang. Angkat dan hidangkan segera.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar