Schotel Mi


Proyek saya pagi ini adalah membuat schotel mi. Bagi pecinta schotel yang umum itu makaroni yang dibikin schotel. Padahal banyak variasi yang bisa dibikin schotel. Mulai dari kentang sehingga mirip pastel tutup, ubi ungu, labu, ubi jalar, tahu, tempe, nasi, bihun, dll. Yang pertama kali saya uji coba ini adalah mi. Rasanya hmm... tentu saja rasa mi. Yang bikin enak karena ada tambahan smoked beefnya. Lumayan lah tadi pagi kami sarapan dengan schotel mi ini.

Schotel adalah makanan dalam pinggan atau wadah tahan panas, yang dimasak dengan cara dipanggang dalam oven. Setelah matang, disendoki atau dipotong-potong sesuai porsi, dan disajikan dalam keadaan hangat. Konsep hidangan schotel adalah makanan sepinggan atau one dish meal yaitu sajian sepinggan sudah mencakup beberapa jenis makanan, yang dicampur kemudian direkatkan oleh susu dan telur. Campurannya yang menjadikan hidangan sepinggan ini menjadi lengkap gizi juga sangat beragam, ikan, daging sapi giling, daging ayam, atau seafood, dan tentu saja diperkaya dengan sayuran. (disadur dari bukunya Schotel Rendah Kalori - Ide Masak)

Resep diambil dari bukunya Ide Masak - Schotel Rendah Kalori. Satu resep ini pas untuk dua wadah pinggan ukuran 15 x 20 cm.

Bahan:
2 siung bawang putih, cincang
50 gram bawang bombai cincang
150 gram daging asap, iris tipis (saya cuma pakai 100 gram)
1 sdt garam
1 sdt merica bubuk
1/4 sdt oregano bubuk (saya ga pake)
75 ml air
100 gram mi telur kering, rebus, tiriskan (saya rendam di air hangat hingga mengembang, tiriskan)
4 putih telur, kocok (saya gunakan 3 telur utuh)
2 sdm susu skim bubuk
25 gram keju rendah lemak, potong dadu kecil (saya gunakan 100 gram keju cheddar)
25 gram keju rendah lemak, parut, untuk taburan (saya gunakan 100 gram keju cheddar)
1 sdm margarin

Cara Membuat:
- Panaskan oven dengan suhu 180 C.
- Panaskan margarin, tumis bawang putih dan bawang bombai hingga layu.
- Masukkan daging asap, masak hingga harum. Tambahkan garam, merica, oregano, dan air. Aduk rata, angkat.
- Masukkan mi, putih telur, susu bubuk, dan keju. Aduk rata.
- Siapkan pinggan tahan panas, olesi margarin. Masukkan adonan mi lalu taburi keju parut.
- Panggang hingga berwarna kuning kecoklatan. Angkat, sajikan hangat dengan saus sambal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar