Spaghetti Panggang


Kerjaan saya tadi pagi nih. Rencana mau dibawa ke car free day buat piknik. Piknik?? Ya... begitulah... Di Pontianak itu area car free day dari LKIA sampai di tugu bambu runcing. Jalanan disitu ditutup dari jam 6 sampai jam 9 pagi. Biasanya saya olah raga itu di daerah GOR. Tapi makin lama makin kurang nyaman olah raga disitu karena terlalu banyak yang jualan. Jadi mesti kekep dompet erat-erat kalo ke situ. Sudah beberapa minggu ini kami olah raga di area car free day. Ga terlalu rame, parkirnya pun bisa di parkiran masjid mujahidin. Jadi Kirana bisa sepedaan santai di area parkiran masjid sambil piknik itu tadi. Yang piknik ya saya, jadi saya bawa tikar, bawa es teh, susu kedelai, air putih, gelas, kue-kue juga. Gelar tikarnya di belakang mobil. Pas kan? Nah.. dari kemaren itu memang rencana mau main sepeda. Saya mulai ke dapur subuh banget buat prepare piknik. Bikin spaghetti panggang. Pas jam 6.30 kirana pun dibangunkan dan si ayah ngecek ke depan. Oalahhhh asap tebal. Batal deh pikniknya. Jadi spaghettinya kita jadikan sarapan saja.

Di resep menggunakan saus spaghetti siap pakai. Saya memang ga pernah nyetok saus itu, banyak msg-nya dan terlalu banyak natrium di dalamnya. Buat Kirana yang belum boleh makan terlalu banyak natrium, jadi saya ga pake. Saya ganti dengan tomat cincang aja. Tomat saya rebus sebentar, buka kulitnya, buang bijinya, jadi hanya daging yang diambil, cincang halus. Kalau ada yang mau ganti dengan pasta tomat atau saus tomat bisa aja. Pasta tomat dan saus tomat beda ya. Pasta tomat itu plain dan pure dari buah tomat, sedangkan saus tomat dari pasta tomat yang sudah dibumbui.

Resep diambil dari bukunya Threes Emir - Aneka Pasta dan Mie.

Bahan:
100 gram spaghetti
200 gram daging cincang
1/2 botol saus spaghetti siap pakai (saya pakai tomat cincang)
2 butir telur ayam
100 gram keju parut
Garam secukupnya
Lada secukupnya
50 gram keju cheddar / parmesan untuk taburan

Cara Membuat:
- Rebus spaghetti dalam air mendidih yang telah dibubuhi 1 sdt garam dan 2 sdm minyak. (saya gunakan spaghetti la fonte, saya rebus 7 menit sesuai petunjuk kemasan, sebelum diangkat baru tambahkan minyak tanpa garam, angkat)
- Setelah kenyal (artinya empuk tetapi jangan sampai lembek), angkat. Taruh di bawah air yang mengalir, sambil diaduk-aduk dengan garpu supaya tidak lengket.
- Dalam wajan anti lengket, taruh daging cincang, aduk-aduk sampai berubah warna dari merah muda menjadi kehitaman. (saya tumis daging cincangnya dengan 1 buah bawang bombai ukuran kecil, tambahkan sedikit air, tumis hingga matang)
- Masukkan saus spaghetti, bubuhi garam dan lada. (saya tumis juga tomat cincangnya hingga matang)
- Kocok telur sampai mengembang, campur dengan keju parut.
- Masukkan spaghetti dalam adonan telur, aduk rata.
- Di dalam loyang yang telah diolesi mentega, taruh adonan spaghetti. Di atasnya taruh daging cincang, lalu tutup dengan sisa adonan spaghetti. (saya masukkan spaghetti setengah cup, tutup dengan daging cincang saja)
- Panggang selama 10 menit. Keluarkan, taburi atasnya dengan keju parut, lalu panggang kembali sampai keju meleleh. (saya dari sebelum dipanggang sudah ditaburi keju)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar