Soto Kudus


Membuat soto itu tidak terlalu mudah buat saya. Banyak printilan yang harus disiapkan. Dan yang paling bikin ga sabaran itu metikin buntutnya tauge. Itu harus dilakukan satu demi satu. Beli kecambah atau tauge dua ribu rupiah bisa sejam kali bersihin buntutnya. Kalau ada yang bantuin di dapur mungkin akan lebih mudah. Tetapi kalo mesti dikerjain sendiri semua prosesnya, lumayan bikin kalang kabut.

Seperti soto kudus yang saya bikin ini. Untuk membuat kuah sotonya ya mudah sekali bumbunya. Yang bikin lama itu ya ngerjain yang lain. Mulai dari ngebuang buntut toge, bikin perkedel, ngegoreng bawang putih, serta nyuirin ayam, ditambah lagi ngek ngek dari si ibu kecil itu, makin bertambah lama waktu yang diperlukan. Makanya saya lumayan jarang bikin soto yang banyak printilannya.

Ini pun printilannya ga seperti yang aslinya. Soto kudus ini tanpa kucai karena saya sudah keliling pasar gang bunga masih ga ketemu pedagang
sayur yang jual kucai, masa gagal bikin soto kudus gara-gara ga ada kucai kan ya. Soto kudus ini juga tanpa sate kerang karena tambah riweuh kalo bikin sate kerang lagi.

Kalau ada yang tanya kenapa sotonya ga ada kecap dan cabe?? Itu karena saya paling suka makan soto atau apapun dengan tambahan apapun. Saya paling ga suka menambahkan kecap ke dalam masakan misalnya makan bakso, bubur, mie, soto, sup, nasi goreng, dll. Kecuali kalau ketika dimasak memang ada tambahan kecapnya, itu saya masih mau, misalnya semur kan pake kecap. Tapi kecapnya diolah lagi menjadi masakan, bukan full rasa kecap. Yang baru kenal dengan saya biasanya terkaget-kaget dengan kebiasaan saya makan yang seperti ini. Saya biasa aja makan bakso tanpa tambahan apapun. Palingan kalau kepengen sekali, saya pakein cabe, itupun sedikit sekali.

Resep saya ambil dari bukunya Yasaboga – Dapur Indonesia

Bahan:
1 ekor ayam kampong, potong 4 (saya pakai ayam negeri)
50 gram suun, rendam air panas, tiriskan
200 gram tauge, seduh air mendidih
10 batang kucai, potong 1 cm
10 butir merica bulat, haluskan (saya pakai merica bubuk)
3 siung bawang putih, memarkan
5 lembar daun salam
5 cm kunyit, belah 2 memanjang (saya pakai kunyit bubuk)
3 cm jahe, dimemarkan
1 sdm garam
Bumbu penyedap secukupnya (saya ga pake)

Pelengkap:
Perkedel kentang, sate kerang, telur rebus, bawang putih goreng, kecap manis, jeruk nipis, cabai rawit.

Cara Membuat:
Didihkan 1 1/2 liter air bersama semua bumbu. Masukkan ayam. Setelah mendidih kembali, kecilkan api. Angkat busa di permukaan. Beri garam. Masak di api kecil sampai ayam empuk. Beri bumbu penyedap. Sebelum diangkat, masukkan kucai. Hidangkan bersama pelengkapnya. (kalau saya ayam saya rebus di air mendidih sampai airnya mendidih kembali. Matikan api, angkat ayam, buang air yang pertama kali itu. Kemudian didihkan kembali air, masukkan merica, bawang putih, daun salam, kunyit, jahe, garam hingga mendidih ulang, masukkan ayam, rebus dengan api kecil sampai ayam empuk. Angkat ayamnya, dinginkan, suir-suir. Air ayam dijadikan kuah soto. Tata suun di bagian bawah mangkuk saji, taruh ayam suwir, telur rebus, perkedel kentang, tauge di atasnya. Siram dengan kuah soto. Beri irisan daun kucai dan sate kerang. Siap dihidangkan)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar