Chocolate Button


Akhirnya niat dari lebaran lalu kesampaian untuk membuat si kukis cokelat button. Button cookies sudah terkenal dan menjadi salah satu cookies klasik yang cukup banyak digemari. Bisa menggunakan cokelat, selai stoberi, selai nenas, dll.

Ini adalah chocolate button bikinan saya. Agak ga karuan ya bentuknya. Memulung adonannya yang masih belum saya paham. Karena adonannya berbutir-butir, jadi ketika dipulung agak dipadatkan supaya menyatu. Nah.. selama proses memulung sampai digulingkan ke kacang masih aman. Yang ga aman itu proses bikin buttonnya. Jadi kukis ditekan pakai sumpit. Harusnya bagian ujung sumpit yang agak besar supaya coklat yang nanti disemprotkan menjadi lebih banyak. Tetapi oh tetapi, ketika saya tusukkan si sumpit malah pecah kukisnya. Saya ganti deh jadi ujung sumpit yang kecil. Aman sentosa kukisnya ga pecah, tapi ya itu. Coklat yang bisa dituang ke dalamnya ga bisa banyak.

Saya lebih nyaman membuat lubang di kukis ketika di wadah kacang. Saya menuang kacang di loyang kecil, jadi ketika digulingkan ke kacang lebih mudah dan bikin lubangnya pun ya di wadah kacang baru taruh di loyang.

Resep diambil dari bukunya Anggraini Citra Kusuma - Kue Kering Klasik dan Populer.

Bahan:
120 gram margarin (saya gunakan campuran antara mentega dan margarin)
100 gram gula halus
175 gram tepung terigu protein rendah (saya gunakan protein sedang)
20 gram tepung maizena
50 gram cokelat bubuk
1 putih telur, kocok lepas
100 gram kacang almond cincang, sangrai (saya gunakan kacang mete cincang sangrai)
50 gram dark cooking chocolate (saya menggunakan cara sesat, yaitu potong kecil dark cooking chocolate, masukkan ke plastik segitiga, ikat ujungnya, masukkan ke magic com sekitar 10 menit, pencet2, masukkan lagi ke magic com sekitar 5 menit, siap untuk digunakan)
Margarin secukupnya, untuk olesan loyang (karena saya pakai baking paper yang ga lengket, jadi ga oles margarin)
Kertas roti secukupnya (saya pakai baking paper)
Kantong plastik segitiga secukupnya (cuma butuh 1)

Cara Membuat:
- Panaskan oven hingga suhu 150 C. Olesi loyang dengan margarin atau alasi kertas roti.
- Campur margarin dan gula halus, aduk rata dengan spatula. Masukkan tepung terigu, tepung maizena, dan cokelat bubuk, aduk rata. Bulatkan adonan sebesar sebesar kelereng, masukkan ke dalam kocokan putih telur.
- Angkat dengan garpu, biarkan sisa putih telur menetes, lalu gulingkan ke kacang almond cincang.
- Atur dia atas loyang. Tekan bagian tengahnya dengan bagian dasar sumpit, tetapi jangan sampai tembus. Bentuk seperti kawah.
- Panggang selama 25 menit. Keluarkan dari oven, dinginkan. (panggang sampai matang ya, karena tiap oven beda suhu, bisa lebih atau kurang dari waktu di resep)
- Lelehkan dark cooking chocolate, masukkan ke dalam kantong segitiga.
- Gunting ujung kantong plastik segitiga, teteskan cokelat leleh ke dalam lubang kukis. tunggu hingga cokelat mengeras.
- Simpan di wadah tertutup rapat.

2 komentar:

  1. enak keliatannya ni....kalau kacangnya diganti kacang tanah biasa, gimana, mba?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Segala jenis kacang-kacangan bisa Mba Saiva walaupun nantinya akan beda rasa. Tapi jangan pake kacang panjang aja ya Mba....

      Hapus