Semprit Mocaf Keju


Ahaaa…. Mari kita ngekukis lagi. Kali ini cobain bikin semprit keju. Dibikin dari tepung mocafnya ladang lima yang saya beli di Mba Merry. Baru kali ini saya cobain bikin kukis pakai tepung mocaf. Ternyata teksturnya rapuh dan lumer di mulut. Kukis mocaf ini harus dipanggang di suhu rendah dan tidak bisa lama memanggangnya. Kukis cepat matang.

Kukis ini bisa dijadikan base untuk kukis apapun. Bisa jadi kastengel, atau kukis-kukis berbahan tepung mocaf lainnya. Yang saya bikin ini dibuat ala ala semprit keju. Jangan membayangkan tekstur sagu keju ya untuk kukis ini. Tekstur kukis ini padat seperti kukis pada umumnya. Jika dipakein spuit yang ada piping bag, sulit untuk memencetnya. Jadi gunakan spuit tradisional yang tabungnya agak besar dan gunakan jempol untuk mendorongnya. Saya gunakan cetakan semprit bunga yang dari Malaysia. Tabungnya besar, jadi pas buat jempol saya yang super besar.

Kelemahan dari saya membuat semprit yaitu bentuk yang tidak konsisten. Hasil jadi kukis ini 3 loyang ukuran 30x30. Loyang pertama ga karuan bentuknya, loyang kedua lumayan lah walau masih mengecewakan, loyang ketiga yaaa lebih baik lah dari loyang kedua. Menyemprit adonan harus dengan perasaan waktu menekan adonan, harus tegak lurus pula biar cantik. Ketauan ya saya jarang bikin semprit. Apalagi kalau mesti décor cake, ahahaha…..

Oh iya, saya lupa. Saya ini menggunakan keju yang diparut halus. Kirana yang bantu parut keju, dia parut kejunya bolak balik sehingga tekstur keju menjadi terlalu halus. Jika parut kejunya normal, ga bisa menggunakan semprit berbentuk bunga, keju pasti nyangkut di spuit, percayalah pada saya, hehehe… Jadi gunakan spuit yang agak plong semisal spuit 1 M dari Wilton. Ga harus Wilton sih, spuit berbentuk sama versi murahnya juga ada kok.

Resep diambil dari bukunya Dapur Aliza – Kue Kering Non Terigu Untuk Usaha Boga

Bahan:
250 gram mentega (saya pakai margarin)
75 gram gula halus
275 gram tepung mocaf
25 gram susu bubuk
¼ sdt garam
50 gram keju cheddar, parut (saya pakai 100 gram)

Cara Membuat:
- Kocok mentega hingga lembut, lalu masukkan gula, dan kocok kembali hingga tercampur rata. (saya kocok kurang lebih 1 menit dengan kecepatan rendah)
- Masukkan tepung mocaf, susu bubuk, keju parut, dan garam, aduk rata.
- Masukkan adonan ke dalam kantong semprot, kemudian dengan bantuan spuit semprotkan adonan hingga berbentuk bunga. Lakukan hingga adonan habis dan letakkan dalam loyang datar yang telah dioles margarin. (saya letakkan di loyang yang telah dialasi baking paper anti lengket tanpa poles mentega dan tidak menggunakan piping bag)
- Panggang dengan suhu 170 C selama 25 menit hingga matang, angkat. (saya panggang di suhu 120 C hingga matang)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar