Cheese Tart


Bikin kue dengan teflon bisa? Bisaaa banget. Ini salah satu contohnya. Kalau di judulnya bilang kue keju, tapi kok buat saya malah mirip tart keju ya. Teksturnya mirip pie susu tapi yang ini di susunya ada kejunya. Kelihatan kan hangus dari kejunya.

Membuatnya ga sulit, ga banyak cucian pula, saya banget ituh. Saya pakai pan teflon dari oxone. Diameter berapa ya.. lupa.. yang pasti yang satu set ecookware itu. Kalo ga 26 cm ya 28 cm lah. Karena besar, kulitnya jadi harus tipis banget biar sampe ke tepi. Udah gitu ga bisa terlalu tinggi pula. Cuma bisa setinggi 1/2 pan. Saran saya, kalau mau buat, lebih cantik jika menggunakan pan yang 20 cm sesuai instruksi resep. Saya cuma punya 1 pan teflon yang dari oxone aja ini, jadi ya dipake aja. Kalau pake pan yang 20 cm pasti bisa tinggi dan tebal isinya. Bagian bawah teflon dialasin loyang bekas dan menggunakan api kecil, bukan api lilin ya. Pasti hasilnya cakep.

Resep diambil dari sini. Silakan klik saja untuk tahu detail gambar pembuatannya ya.

Bahan A :
1 gelas tepung
3 sdm gula
60 gram margarin (diamkan di suhu ruangan)
1 butir kuning telur

Bahan B :
100 gram keju
100 ml whipped cream (krim kocok)
1 butir telur ayam
1 butir putih telur
3 sdm gula pasir
2 sdm tepung
1 sdm air lemon

Cara Membuat:
- Masukkan bahan A dalam teflon, aduk rata sambil tekan kuat-kuat, tekan hingga menjadi padat.
- Lebarkan di teflon, dengan tinggi sekitar 2~3 cm pada bagian tepi teflon. Tusuki dengan garpu, supaya angin dapat mengalir lancar.
- Tuang whipped cream dan keju dari bahan B ke dalam mangkok, panaskan dalam microwave selama 30 detik, lalu aduk rata. (saya panaskan di atas kompor hingga keju meleleh)
- Masukkan sisa semua bahan B dalam mangkok, aduk lagi hingga rata.
- Tuangkan ke atas kulit kue di atas teflon tadi.
- Buka api kecil, tutup dan panaskan 35 - 40 menit.
- Setelah permukaan mulai mengeras, matikan api, diamkan hingga perlahan mendingin, lalu tuangkan kue. Kue keju yang sempurna ini sudah jadi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar