Saucjsbroodjes


Susah yak ngebacanya?

Ketika bersih bersih kulkas, saya menemukan masih ada setengah pak pastry siap pakai yang sampai sekarang belum pernah diolah. Entah kapan terakhir kali saya bikin pastry. Lupaa.

Seingat saya, saya itu dikutuk oleh pastry. Terakhir kali bikin pastry menggunakan pastry siap pakai, bantat sodara-sodara. Waktu itu pakai otang. Nah sekarang ini saya cobain mengolah pastry siap pakai dengan otang lagi.

Ternyata rahasianya itu adalah……… gunakan api kompor yang besar kemudian taruh loyang di rak paling atas, dan panggang dengan waktu yang lebih lama daripada jika menggunakan oven gas. Hasilnya tjakep kan.

Resep diambil dari bukunya Nyonya Rumah Julie Sutarjana - 225 Resep Hidangan Spesial Pilihan Favorit Sepanjang Masa.

Bahan:
Adonan puff pastry siap pakai secukupnya

Untuk Isi:
300 gram daging sapi yang sudah dicincang.
2 lembar roti tawar yang sudah direndam susu
1 butir telur ayam
2 sdm mentega
Pala bubuk, merica bubuk, dan garam secukupnya
1 sdt gula pasir

Cara Membuat:
- Buat isi: campur semua bahan jadi satu, aduk rata hingga merupakan adonan yang dapat dipulung (saya ga suka daging mentah, jadi saya tumis daging cincang dengan mentega, merica bubuk, garam, gula pasir hingga air hampir kering, kemudian saya masukkan telur dan roti yang sudah direndam dengan susu, tumis hingga semua kering)
- Adonan puff pastry dipotong dengan ukuran panjang 12 cm dan lebar 5 cm. Tempatkan adonan isi di tengahnya. Olesi pinggirannya dengan air, lipat dua.
- Tempatkan di atas loyang yang sudah diolesi air. Gurat bagian atasnya dengan pisau, olesi dengan kuning telur yang sudah dikocok dengan sedikit air dan garam.
- Panggang dalam oven yang sudah dipanaskan terlebih dahulu. Apinya harus besar. Jika warnanya sudah kuning kecoklatan, angkat.

2 komentar: