Double Chessy French Toast


Apa itu french toast? Seluruh artikel dan resep yang saya gunakan ini saya sadur dari Majalan Sedap No.5/XII/2011.

French toast adalah cara menyuguhkan roti tawar dengan cara mencelupkannya ke dalam campuran telur, susu, dan rempah kemudian digoreng. Di Indonesia disajikan dengan taburan gula tepung yang sudah dicampur cinnamon. Tetapi di luar negeri, french toast diisi dan disajikan dengan topping yang lebih variatif lagi.

French toast bagi kita lebih merupakan cara penyajian roti yang variatif ketimbang hanya dengan selai, keju, atau cokelat. Tetapi di Perancis, Belgia, dan beberapa negara lain, menyebut cara ini justru merupakan jalan keluar mengatasi roti yang sudah hampir kadaluwarsa. Makanya mereka menyebut "pain perdu" (artinya lost paid).

Meski sangat sederhana, french toast populer di sekuruh dunia. Masyarakat Asia, Eropa, sampai Amerika mengkonsumsi french toast. Bahkan di Portugis dan Brazil menyuguhkan french toast sebagai hidangan penutup pada hidangan natal mereka. Di Spanyol, french toast dijadikan hidangan penutup juga, tetapi dalam perayaan Paskah.

French toast bisa dibuat dari roti apa saja. Bukan hanya roti tawar biasa, tetapi juga baguette atau jenis roti lainnya. Orang Yahudi Amerika, misalnya, membuat french toast dari challah, roti tradisional mereka. Biasanya challah dibuat pada Jumat malam untuk dijadikan french toast di Minggu pagi di saat hari sabat, saat orang dilarang mengerjakan sesuatu yang berat-berat. Orang Australia dan New Zealand menggunakan baguette. Satu iris pada tiap porsinya. Dicelup ke dalam campuran telur, gula, rempah, disajikan bersama pisang, bacon yang sudah digoreng dan diberi toping sirup mapel.

Ada dua macam french toast. Asin dan manis. Yang manis biasa disajikan bersama selai, mentega, peanut butter, madu, sirup mapel, buah-buahan, dan whipped cream. Kadang juga dengan es krim. Yang asin disugguhkan bersama keju, saus tomat. French toast dengan selai, di Inggris dikenal dengan sebutan poor knight of windsor. Di banyak negara, french toast yang asin lebih banyak variasinya ketimbang yang manis.

Bahan:
6 lembar roti tawar tebal, potong empat bagian bentuk segitiga

Bahan Pencelup:
2 butir telur
1/4 sdt garam
125 ml susu cair
50 gram cheese spread (saya pakai keju ricotta)
50 gram mentega untuk menumis

Bahan Pelengkap:
2 sdm butter
60 gram keju cheddar parut

Cara Membuat:
- Pencelup, kocok lepas telur dan garam. Masukkan susu cair dan cheese spread. Aduk rata.
- Celup roti satu persatu.
- Tumis dengan mentega yang sudah dipanaskan sambil dibolak balik sampai kecoklatan.
- Sajikan dengan olesan butter dan taburan keju.

4 komentar:

  1. Wah aku ngertinya French toast itu ya roti dipanggang mbak :D
    Pas kerja di HongKong alterative sarapan ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dulu pikiran saya juga sama kayak Mba Ivon. Roti dipanggang polos pake teflon atau pake pemanggang roti yang listrik itu kan ya? Kita bilangnya roti bakar. Ketika dapet artikel ini saya baru ngeh ternyata pake celupan susu dan telur. Padahal yang biasa saya bikin cuma dioles margarin doang. Nah.. rupanya ketika dicelup dengan susu dan telur itu tekstur roti menjadi lebih moist dan ga kering.

      Hapus
  2. makasih buat resepnya...bisa dicoba buat sarapan....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sipp. Terima kasih sudah mampir ya Mba.

      Hapus