Bobor Bayam


Saya baru kali ini tahu bobor bayam. Ih katrok ya... Saya itu jarang banget mengkreasikan bayam. Bayam itu tahunya saya cuma dibuat sayur bening, dibikin keripik, dibikin bubur manado, dibikin quiche juga bisa. Sudah itu saja. Ternyata... bayam itu juga bisa dimasak santan seperti ini. Namanya bobor bayam. Plok plok plok...

Oh ya, kenapa sih namanya bobor bayam? Adakah yang tahu?

Saya itu kalau berhadapan dengan santan masih kurang oke. Seringnya santan ga bisa mulus kalau dimasak. Sama seperti bobor bayam ini santannya pecah. Huhuhu.. padahal api sudah kecil banget. Diaduk sesekali sambil nyuci piring. Tapi tetep aja pecah. Makanya saya paling malas bebikinan sesuatu pakai santan. Entah itu dimasak sayur seperti ini atau dibikin puding. Masih belum ngerti caranya supaya santan tidak pecah.

Fotonya ga banget ya. Lagi ga ada ide mo moto apa. Moto pun mesti cepat. Jadi ya gini deh. Harap dimaafkan ya. Semangat moto, angkut properti, nyuci properti dan beresin properti sedang menguap entah kemana. Jadi dimaklumi saja jika motonya gitu gitu mulu.

Resep diambil dari bukunya Anggraini Citra Kusuma - Paket Menu Komplit 30 Hari

Bahan:
1 lembar daun salam
3 cm lengkuas
750 ml santan encer dari 1 buah kelapa
2 ikat bayam, siangi
1 buah labu siam, potong dadu 3 cm

Bumbu halus
6 siung bawang merah
2 siung bawang putih
1 sdt ketumbar
1 butir kemiri
1 cm kencur
1 sdt garam
1 sdt gula pasir

Cara Membuat:
- Masukkan bumbu halus, daun salam, dan lengkuas ke dalam santan, masak hingga santan mendidih, Aduk sesekali agar santan tidak pecah.
- Tambahkan bayam dan labu siam, masak hingga sayuran matang. Angkat dan sajikan.

2 komentar:

  1. Balasan
    1. Betul banget Mba Vero. Kalau bikin puding juga sama. Sering banget pecah. Ga jodoh saya dengan santan kayaknya.

      Hapus