Kekian Udang Asam Pedas


Kali ini coba bikin kekian. Awalnya kekian ini mau saya masukkan sebagai homeworknya saya di kitchen blog - dimsum. Pas tanya ke host dimsum yaitu Mba Ina Moulina, apakah kekian masuk ke kategori dimsum ato ga, mba Ina bilang masuk karena biasa disajikan sebagai pendamping dimsum. Nah.. yang jadi soal itu, kekian saya ini kok ga mirip dengan kekian yang biasa jadi temannya dimsum itu. Kekian yang ini malah mirip bakwan udang. Terus kekian yang saya bikin ini sebenarnya pelengkap cap cay. Jadi ya ga masuk ke kategori dimsum kayaknya. Maaf yo Mba Ina kali ini saya ga jadi setor. Insya allah ntar bikin yang beneran dimsum.

Kekian ini enak lo. Kalau saya ga jadi pelengkap capcay. Dimakan gitu aja atau dimakan dengan nasi hangat sudah nikmat sekali. Sausnya juga enak.

Resep saya ambil dari Majalah Sedap Edisi 3/IX/2008. Oh ya.. majalah sedap ini hadiah dari Ummu Alegra waktu menang di NCC Brownies Week. Alhamdulilah, referensi memasak saya jadi bertambah.

Bahan:
50 gram udang, cincang halus
100 gram tepung terigu protein sedang
25 gram tepung sagu
1 butir telur
1 batang daun bawang, iris halus
1/2 sdt garam
1/4 sdt merica bubuk
1 siung bawang putih, haluskan
125 ml air es
Minyak untuk menggoreng

Bahan Saus:
3 siung bawang putih, memarkan
1 buah cabai merah besar, buang biji, iris halus (saya ga pake)
1 buah tomat, buang biji, potong kotak
50 gram saus tomat
1/4 sdt garam
2 sdt gula pasir
4 tetes cuka (saya ganti dengan air perasan jeruk nipis)
250 ml air
1/4 sdt kaldu ayam bubuk (saya pakai kaldu jamur)
1 sdm tepung sagu dan 1 sdm air, larutkan untuk pengental
1 batang daun bawang, potong miring
1 sdm minyak untuk menumis

Cara Membuat:
- Kekian, aduk rata bahan, sendokkan dalam minyak yang sudah dipanaskan sampai matang, Angkat dan tiriskan.
- Saus, tumis bawang putih dan cabai merah besar sampai harum. Tambahkan tomat, saus tomat, garam, gula pasir, dan cuka. Aduk rata.
- Masukkan air dan kaldu ayam bubuk. Didihkan. Kentalkan dengan larutan tepung sagu. Masak sampai meletup letup. Tambahkan daun bawang, Aduk rata.
- Sajikan kekian setelah disiram saus.

2 komentar:

  1. hihihi. hostnya abal2 ini ya mbak,bingung sendiri kekian masuk dimsum atau gak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo dari hasil semedi saya dengan mbah google, kekian yang jadi salah satu dimsum itu yg dibungkus kulit pangsit apa kulit tahu gitu Mba Ina. Bahannya sama dengan kekian yg ini. Cuma kekian asli itu setelah dimasukin ke kulit dilipat baru digoreng. Mirip hakau gitu.

      Hapus