Ayam Sepit


Kali ini saya cobain masakan dari Sumatera Selatan. Namanya Ayam Sepit. Familiar kah dengan namanya? Saya tidak. Hehehe... Maaf.. antara Sumatera Selatan dan Kalimantan Barat kan jauh. Saking jauhnya sampai ga ada penerbangan langsung dari Pontianak ke Palembang. Jadi dari Pontianak ke Jakarta, baru ke Palembang.

Sekilas ayam sepit ini mirip dengan opor ayam. Tapi ayam sepit ada tambahan kelapa sangrai. Karena malas mau sangrai kelapa, saya pakai kelapa kering yang untuk kue kering. Mudah-mudahan ga melanggar pakem ya, maafkan atas kemalasan saya ini *lempar pake wajan*.

Resep diambil dari bukunya Yasaboga - Dapur Indonesia

Bahan:
1 ekor (850 gram) ayam, belah 4 (saya potong 10)
750 ml santan dari 1/4 butir kelapa tua
1/4 butir kelapa, parut, sangrai (saya pakai 4 sdm kelapa kering)
1/2 sdm gula merah, sisir
1 sdt asam jawa

Bumbu Halus:
8 buah cabai merah (saya cuma pakai 4 supaya Kirana bisa ikut makan)
3 siung bawang putih
7 buah bawang merah
2 sdt ketumbar, sangrai
1/2 sdt jintan, sangrai
1 sdt garam

Cara Membuat:
- Lumuri ayam dengan 1 sdm air asam / air jeruk nipis dan 1 sdt garam, diamkan 15 menit.
- Panggang atau goreng ayam sampai setengah matang, sisihkan.
- Didihkan santan, kelapa sangrai, dan bumbu halus. Masukkan ayam, masak sampai empuk dan kuah berminyak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar