Uilulia


Unik ya namanya... Saya saja perlu berkali-kali melafazkan nama dari makanan ini. Makanan ini berasal dari gorontalo. Mungkin kita sering memasak ikan yang dicabein seperti ini. Kalau saya bilangnya ikan balado. Untuk kali ini saya pakai ikan nila ukuran kecil. Ikannya saya potong dua.

Resep diambil dari bukunya Yasaboga - Dapur Indonesia

Bahan:
500 gram ikan air tawar (ikan mas/nila/bawal darat/gurami), potong sesuai selera
2 buah jeruk nipis, ambil airnya
1 batang serai, memarkan
1 cm lengkuas, memarkan
1-2 buah tomat, potong 6-8

Bumbu Halus:
10 buah cabai merah
10 buah cabai rawit (saya ga pake)
8 buah bawang merah
2 siung bawang putih
1 sdt garam

Cara Membuat:
- Lumuri ikan dengan sebagian jeruk nipis dan garam. Biarkan 10 menit, tiriskan. Goreng ikan sampai matang dan kering, sisihkan.
- Dengan 3 sdm minyak goreng, tumis bumbu halus, bersama serai, lengkuas, dan tomat sampai matang. Kecilkan api, masukkan ikan goreng dan sisa air jeruk nipis. Aduk-aduk, siramkan ke atas ikan goreng, angkat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar